Mengirim Paket ke Luar Negeri 2 (via Paket Cepat PT. POS INDONESIA)

12:27:00 PM

Seperti judul yang telah saya tulis diatas, postingan ini saya buat untuk menceritakan pengalaman saya sewaktu mengirimkan paket ke luar negeri. Pada postingan saya sebelumnya saya telah membahas mengenai pengiriman barang ke luar negeri menggunakan EMS (artinya saya lupa intinya mengirimkan paket ke luar negeri secara ekpress). Menggunakan pengiriman EMS pos mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihannya barang yang kita kirim cepat sampai ke tujuan dan sedangkan kekurangan utama dari EMS adalah ongkos pengirimannya mahal buangeeet.

Pada awalnya customer tetap saya dari Malaysia bertanya, apakah ada jasa ekspedisi selai EMS yang murah. dengan berbekal pengetahuan saya yang pas-pasan saya mulai mencari dan membandingkan ekian banyak jasa ekspedisi yang ada dibumi pertiwi ini. Hasil terakhir saya masih mendapatkan untuk keluar negeri, ongkos pengiriman masih lebih murah menggunakan jasa POS (loh kok bisa!!!). o iya kalau ada yang bisa memberitahukan jasa ekspedisi keluar negeri yang murah dan terpercaya tolong info yah. Saya taunya cuma ini.

Seaktu saya browsing di internet saya menemukan angka biaya pengiriman dibawah biaya pengiriman menggunakan EMS PT. Pos Indonesia  yaitu Paket Cepat dan Paket Laut. yang membuat saya tertarik dengan angka tersebut adalah perbedaan yang cukup jauh antara mengirim paket menggunakan EMS PT. Pos Indonesiadan mengunakan paket cepat. Perbedaanya harga pengiriman paket cepat Pos Indonesia hanya separuh dari pengiriman menggunakan EMS (mungkin ada beberapa destinasi yang jaraknya tidak terlalu jauh). Untuk pedagang kecil seperti saya ini dan pelanggan, seperak dua perak uang itu berharga. Sebagai pembanding disini dapat kita lihat ongkos kirim yang saya dapat dari web PT. Pos Indonesia.

Ongkos kirim ke Malaysia untuk 10 kg (Sumber PT. Pos Indonesia web)
Sayapun memberitahukan  pelanggan saya tentang hal ini, dan dia setuju kalau pengiriman order berikutnya menggunalan Paket Cepat dari POS INDONESIA.

Kesokan harinya setelah selesai melakukan packing pesanan pelanggan dari Malaysia, mulailah saya berangkat ke kantor POS langanan saya dijalan Pemuda, Rawamangun Jakarta. Kantor Pos ini cukup besar sehingga loket untuk melayani pelanggan pun juga banyak disediakan. Setelah memarkir Chelsea (motor saya), saya masuk melalui pintu utama kantor Pos (emang cuma dibuka satu pintu saja). Di depan pintu nantinya akan bertemu seorang petugas yang akan menanyakan keperluan kita ke Kantor Pos. Tujuan petuga situ bertanya adalah untuk memberikan nomor antrian yang sesuai dengan keperluan kita datang ke Kantor Pos, untuk pengiriman surat dan paket biasanya kita mendapat nomor antrian  dan tadi saya mendapatkan antrian nomor cantik yaitu C222. Untuk nomor pengiriman surat dan barang biasanya diawali dengan huruf CXXX.
Nomor Antrian
Posisi untuk pengiriman surat dan paket berada disebelah kiri kita sewaktu kita masuk kedalam Kantor Pos. Diarea sekitar sana  ada sekitar 5 loket yang melayani orang mengirim surat dan paket kedalam dan keluar negeri.  Jadi silahkan mengambil tempat untuk menunggu nomor antrian kita dipanggil oleh "wanita  elektronik" yang bertugas memanggil pelanggan ke loket. Jangan lupa memperhatikan layar TV informasi, di loket mana kita dipanggil seadainya kita tidak mendengar panggilan tadi.

Sembari menunggu nama kita dipanggil, akan lebih baik kita menyiapkan terlebih dahulu formulir pengiriman kel luar negeri yang bisa minta kepada petugas yang sedang melayani pelanggan lain. Data-data yang perlu diisini pada formulirnya adalah:
  • Nama pengirim dan alamat dan jangan lupa nomor telepen.
  • Nama penerima dan alamatnya serta nomor telepon.
  • Isi Paket
  • Tanda tangan dan tanggal pengiriman
Formulir yang disini merupakan rangkap 5 (lima). dan nantinya salah satu (yang berwarna kuning akan diberikan bersamaan dengan slip dari pos). Jadi kita disini bisa menghemat waktu tulis (jadi pas nomor antrian kita dipanggil kita sudah siap mengisi data-data pengiriman).

Formulir Pengiriman Paket Cepat PT. Pos Indonesia
Jadi saat nomor urut kita dipanggil akan lebih cepat dan petugas akan langsung memproses pengiriman kita. untuk pengiriman barang disarankan untu membungkus dengan rapi, karena kalau tidak pihak PT. Pos Indonesia akan me-re-package barang kiriman kita, dan itu tidak gratis untuk bungkus plastik dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000, sedangkan untuk packing kaya saya tidak tahu (untuk barang pecah belah).

Saya memberikan formulir dan barang yang akan saya kirim tadi ke petugas loket, dan dia langsung memproses dan mengkalkulasi biaya pengiriman. Untuk informasi saja kalau mengirimkan barang perhatikan ukuran kotaknya. Kalau kotak terlalu besar makan akan dikenakan berdasarkan volume barang bukan berdasarkan berat barang itu sendiri. Untuk mencari berdasarkan volume digunakan rumus berikut:

P (m) x L (m) x T (m)
60

dimana : P = Panjang barang yang akan dikirim (meter)
             L = Lebar barang yang akan dikirim (meter)
             T = Tinggi barang yang akan dikirim (meter)

Hasil perkalian diatas akan didapat berat barang yang akan dikirim. Selagi petugas yang melayani saya bekerja, petugas disebelahnya bertanya "Wah sering juga ya pak pengirimannya".
Saya "Lumayan pak, untuk nambah uang belanja anak"

Memang untuk pengiriman Alhamdulillah sering saya lakukan dan ini terus berlangsung sampai sekarang. Saya berharap ini terus berlanjut. Oke, kembali ke topik. Setelah proses input data oleh petugas selesai maka total yang harus saya bayar. Untuk berat 10 kg (base on volume ) saya harus membayar Rp. 470.000,-. Setelah itu kita akan diberikan dua helai kertas seperti terlihat dibawah ini:


Kedua resi diatas yang akan diberikan kepada kita nantinya


Biasanya pada kesemua halaman formulir akan diberikan stempel PPLN, tapi kali ini saya tidak mendapatkannya. Saya bertanya kepada petugasnya.

Saya " Saya minta stempelnya dong! kenapa tidak diberikan ya stempelnya?"
Petugas "Stempelnya lagi ga ada pak, tapi kedalam sistemya udah masuk kok liat aja pada struk yang kuning"


Stempel PPLN pada resi

Saya melihat ke struk dan setelah yakin memang paket cepat dan benar alamatnya, saya pun berlalu menuju ke parkiran motor untuk melihat si Chelea untuk dibawa kembali ke kantor.
Struk Parkir 

Sesampainya saya di pintu parkir saya terkejut degan perkataan operator komputer parkir PT. Pos Indonesia  disana dibilang bahwa biaya parkir untuk disana kembali mengalami kenaikan (apaaaaa, baru kemaren naik sekarang naik lagi). Saya disana tidak sampai 20 menit dan saya ditagih Rp. 2.000,-. Lebih mahal dari pada biaya parkir dimall untuk motor. Bagaimana pos mau maju untuk perpakiran aja di kasih ke pihak ketiga dan sangat mahal. Jujur saya  ke kantor pos cuma dalam keadaan terpaksa dan diperparah dengan biaya parkir yang mahal akan membuat saya lebih malas lagi pergi kekantor pos (pendapat pribadi). Tolong ini menjadi perhatian manajemen PT. Pos Indonesia.

Untuk kesimpulan berikut saya sederhanakan urutannya:
  1. Mengambil nomor antrian
  2. Meminta dan mengisi formulir pengiriman.
  3. Menyerahkan barang dan formulir stelah dipanggil pada loket yang sudah ditentukan oleh "wanita elektronik"
  4. Membayar ongkos kirim
  5. Membayar uang parkir yang rada mahal.
Semoga postingan saya ini berguna buat pembaca semua.

Update......
Sehubungan postingan ini banyak sekali pertanyaan maka saya ingin menyambung cerita tentang pengiriman keluar negeri ini dengan menggunakan Pos Cepat. Cerita kali ini dilanjutkan dengan mengenai kelanjutan setiap kita mengirimkan barang.
Setiap kali kita mengirimkan barang keluar negeri pastilah kita ingin mengetahui. kondisi terakhir atau dimana lokasi barang kita berada. Untuk itu PT. Pos Indonesia juga menyediakan fasilitas tracking untuk barang yang kita kirimkan baik itu dalam negeri dan luar negeri. Untuk melihat lokasi dimana barang kita berada kita harus masuk ke web PT. Pos Indonesia di alamat web http://www.posindonesia.co.id/.
Selanjutnya kita akan melihat halaman web sebagai berikut.

Halaman depan web PT. Pos Indonesia
 Kemudian pada bagian kanan web ada 3 macam tab yaitu lacak pengiriman, tarif dan kode pos. Untuk ita yang akan melacak lokasi barang kita bisa mengisi kotak yang disediakan (kotak yang berwarna biru). Warna asli kotak tersebut berwarna putih, saya berikan warna untuk mudah menemukannya. Kita harus mengisi kotak tersebut dengan nomor pengiriman yang telah diberikan untuk pengiriman dengan pos cepat biasanya nomor yang disidengan kode awal "CP" dan akhirannya memakai "ID" seperti terlihat dibawah ini
Nomor pengiriman CP006104635
Setelah kita mengisi kolom tersebut kita akan melihat tracking dari barang kiriman kita, seandainya kita salah memasukkan nomor pengiriman maka akan terlihat sebagai berikut.


Sebagai informasi tambahan. sebelum kita mengirimkan barang keluar negeri atau dalam negeri dengan menggunakan PT. Pos indonesia, kita juga bisa memeriksa biaya total yang akan dibebankan kepada kita nantinya dengan membuka web PT. Pos indonesia, seperti alamat diatas. Pada gambar diatas maka kita klik tab "tarif" (panah 1) kemudian kita klik "kiriman internasional" (panah 2) seperti terlihat pada gambar dibawah.

Tarif kiriman PT. Pos Indonesia
 selanjutnya akan bisa kita lihat halaman berikut pada web PT. Pos Indonesia berikut ini. Kita bisa memasukkan Dari mana kita mengirim dan tujuan pengiriman barang nantinya. jangan lupa memasukkan berat dan dimensi barang karena kalau besar bisa dihitung volumenya bukan berdasarkan beratnya,

tarif kiriman
 Saya berharap tambahan informasi tadi berguna bagi pembaca.



You Might Also Like

270 komentar

  1. Mau tanya, dgn paket cepat brp lama yah sampe nya ke malaysia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ke Malaysia dengan paket cepat lumayan cepat dan tidak terlalu lama. paling lama sekitar 2 mingguan sudah sampai. maaf baru di reply

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. mau tanya nih mbak, teman saya mau ngirim paket dari amerika ke indonesia, ke palembang. tetapi saya gak tau gimana cara buat format alamat yang benar biar nyampe,,, mohon bantuannya,, terimaksih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamatt biasa aja mbak....
      Nama
      Alamat lengkap (jangan lupa jalan rumah, kota dan kode pos)
      Negara tujuan akhir
      Kalau perlu cantumin handpohone penerima
      Pasti nyampe deh...
      Update
      Pernah kok saya beli online dari luar negeri nyampe juga kok contoh
      Azra
      Komplek Bunga Blok C4 No. 10
      Bekasi - 17345
      Jawa Barat
      Indonesia
      telp. 0819-12345678
      Format seperti Insya Allah sampai dan saya sudah pernah mencobanya

      Hapus
  3. Balasan
    1. Kalau berdasarkan informasi dari yang terima iya pak. samapi ke rumah. Kecuali ada masalah dengan custom disana terpaksa penerima yang ngurus ke kantor bea cukai disana. Tapi biasanya saya kirim sih sampai ke alamat terus. Soalnya saya kirim barang jualan jadi kadang nyangkut di custom.

      Hapus
  4. apa perbedaan paket biasa dan paket cepat untuk pengiriman ke luar negeri mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata petugasnya lo ya. yang cepat pake udara sedangkan yang biasa pakai laut. CMIIW. Semoga bermanfaat

      Hapus
  5. halo mba, apa bener paket pos cepat internasional sampainya kalau kirim ke malaysia 3 bulan? saya biasa pakai EMS tapi karena barang yg saya kirim kali ini hitungan volumenya besar dan ongkirnya 2x lipat harga barang saya coba pakai paket cepat tapi kata petugas loket sampainya kurang lebih 3 bulan? apa pengalaman mbak kirim pakai paket pos cepat sampai selama itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama saya mengirim ke Malaysia. Itu sudah berkali kali saya lakukan untuk mengirimkan barang dagangan saya. Maksimum sekitar 2 minggu akan sampai. Karena itu menggunakan udara. kalau pakai EMS memang lebih mahal biayanya tapi lebih cepat sampai. Kirimnya jangan ke kantor Pos yang kecil seperti yang saya bilang diatas. Pakai kantor pos utama yang besar. Ini yang saya alami ketika akan mengirim menggunakan paket pos cepat udara di kantor pos yang kecil. mereka tidak tahu kalau ada lagi diantara EMS dan pengiriman laut. Silahkan dicoba. Semoga membantu.

      Hapus
  6. saya ingin bertanya ..ada membeli barang dari indonesia...penghantarannya melalui Paket cepat .. pos dari13/11/2013 sehingga sekarang masih belum terima CA000027462ID

    BalasHapus
  7. Belum menerima barangan yang saja beli . Tarikh pos 13/11/2013 melalui Paket Cepat Prima Internasional..Katanya 3 atau 4 hari sampai tapi sehingga sekarang belum menerimanya CA000027462ID.. Perlu bantuan dari pihak anda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau paket pos cepat Internasional itu kalau tidak salah maksimum 2 mingguan kecuali EMS 3-4 hari. Coba saja di tracking di web pos indonesia. Biasanya kalau paket cepat itu nonya CPXXXXXXID, bukan CA. itu pengalaman saya yah.

      Hapus
  8. mba,,aku jg mau tanya mba,,kalo biaya ongkirny,,sudah sm mpajak g mba? dan harus buat suratbizin ekspor g y? soa'ny akunpengen kirim paket baju mba,,ke africa.teroma kasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama saya melakukan pengiriman ke luar negeri terutama ke malaysia, snigapore dan new zealand. saya tidak dikenai pajak. hanya dikenai asuransi dari nilai kiriman dan itu nilainya kecil sekali. dan yang penting di pack rapi menggunakan bungkus yang rapi dan dilakban sekelilingnya kalau tidak akan dikenai lagi ongkos packing ulang sebesar rp. 20rb.
      Jadi dari ongkos kirim itu dibreak down:
      1. Ongkos kirim
      2. Asuransi
      3. Ongkos repacking (jika ada)

      Semoga bisa menjawab semua pertanyaan diatas.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  9. mba saya mau taya,kalo ongkir dh sm pajak blm mba? dn dharuskan untuk pakai surarbizin ekspor g mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya jawab ya. maaf semua pertanyaan saya moderasi terlebih dahulu.

      Hapus
  10. Bagaimana untuk menyemak di mana paket kita berada sekarang. Paket saya dari palembang ke melaka, malaysia sudah masuk 18 hari belum sampai

    BalasHapus
    Balasan
    1. paketnya menggunggunakan apa pak EMS, atau paket pos biasa. kalau masih pakai pos bisa diperiksa menggunakan web pos indonesia di alamat web http://www.posindonesia.co.id/. Disebelah kana atas ada tab seperti lack kiriman, tarif & kode pos. silahkan diklik lack kiriman dan masukkan nomor pengiriman yang dikirim oleh sipengirim. Kalau pakai EMS biasnya tidak sampai seminggu sudah sampai. kalau pakai paket cepat biasanya ke malaysia dua minggu. semoga membantu

      Hapus
  11. kak, mau tanya. kalo mau ngecek status barang yang dikirim keluar negri itu udah nyampe/ belom bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicek diwebnya pos indonesia. Silahkan liat dihalaman depan web sebelah kanan atas. Masukkan kode pengirimannya dan bisa dicek. Itu buat pengirimana melalui pos ya. Kalau oengiriman melalui jne akan bisa dicek melalui web jne. Semoga bisa membantu. Nanti saya akan udpdate cara memeriksa baang sudahditerima atau belum.

      Hapus
  12. Terimakasih mbak, infonya sangat membantu. Saya mau kirim paket ke luar negeri jadi tau caranya. Lebih murah pake pos ya? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya cuma pos yang lebih murah mungkin kalau ada yang tau lebih murah lagi bisa share disini

      Hapus
    2. Halo.. mau tanya dong, itu jenis barang dagangannya apa ya mba? Saya kerja dan tinggal di KL, nah paman saya produksi sandal jepit KW semacam sendal converse di jakarta. Rencana saya mau distribusikan ke pedagang2 sendal disini. Kira2 kena cukai ngga yah? Maksimal barang dagangan yg kena cukai di invoice berapa besar ya mba? Klopun kena biaya cukainya berapa ya mba? Mungkin nanti sekali kirim bisa 140 piece sandal (7 kodi)
      Terima kasih sebelumnya. adien.dendra@gmail.com

      Hapus
    3. Aduh kalau itu saya kurang tahu mbak. Soalnya sesudah sampai disana itu urusan pembeli saya yang mengurusnya. Pernah beberapa kali kirima saya ditahan oleh bea cukai Malaysia. saya tidak tahu bagaimana buyer saya disana mengurusnya. jadi sepertinya kalau banyak bisa juga ditahan oleh cukai. Jadi menurut saya mbak coba dulu kirim dalam jumlah kecil dan terus meningkat setiap pengiriman, kalau ada masalah pada pengiriman pertama jadi tidak terlalu rugi. kalau mau informasi lengkap mungkin mbak bisa bertanya dengan bea cukai disana. Mudah-mudahn bia membantu.

      Hapus
  13. itu sekarang masih berlaku g' ya? paket pos international nya,,, secara, saya hampir 2x tiap bulannya harus ngirim ke South korea,, dan biaya menggunakan EMS mmang trmsuk mhal bingit.. tp menggunakan paket pos international mngkn bsa lbih mede,,, nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih berlaku lah mas. Saya saja hampir setiap bulan mengirim barang dagangan saya ke luar negeri. Untuk harga pengiriman bisa di cek di web pos indonesia. Untuk link-nya bisa di lihat sebagai berikut http://www.posindonesia.co.id/index.php/loginall-comuser-views/tarif-kiriman/kiriman-pos-internasional. pada awal saya melakukan pengiriman ke luar negeri memeang pakai EMS tapi harga pengirimannya itu terlalu mahal akhirnya saya memakai satu level dibawahnya. Biasanya sekitar 2 minggu sampai ditangan buyer.

      Hapus
  14. Klo kirim madu k singapore bisa ga mba?kira2 kena ongkir brp y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini dia. kalau madu sepertinya sulit dikirim ke luar negeri karena madu termasuk golongan cairan. Mungkin butuh perlakuan khusus. Sedangkan mengirim dalam negeri saja kadang susah dikirimnya. kalau ongkos kirim bisa di lihat di alamat berikut http://www.posindonesia.co.id/index.php/loginall-comuser-views/tarif-kiriman/kiriman-pos-internasional

      Hapus
  15. terimakasih Pak infonya, saya mau nanya kira2 kalo kirim paket berupa surat(dokumen) ke korea selatan itu berapa bayarnya ya? terus kita bisa pilih paket pengiriman apa aja? selain yang ekspress gitu kira2 yang paling murah itu paket apa dan bayar berapa dan berapa lama sampai ke tujuan? ._. maaf saya nanya terlalu banyak
    dimohon balasannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk mengirimkan dokumen ke Korea atau seluruh dunia bisa mbak periksa di web PT. Pos Indonesia. dan cara melihat harga dan banyak macam pilihan pengiriman yang dapat pilih. Untuk linknya sendiri adalah sebagai berikut, dan isi data yang dibutuhkan: http://www.posindonesia.co.id/index.php/loginall-comuser-views/tarif-kiriman/kiriman-pos-internasional . Sedangkan untuk berat dokumen 100 gram dikirim ke Korea ada banyak macam jenis pilihan pengiriman, EMS Priority document (sampai berat 500 gram) , EMS Document (sampai dengan berat 250 gram), Surat Register LN (sampai dengan 100 gram). Harganya pun bervariasi dari harga 43rb sampai 180rb. Untuk lama sampainya silahkan mbak langsung tanyakan kepada petugasnya langsung. kalau yang pasti EMS yang paling cepat sampainya

      Hapus
  16. halo.... informasinya sangat membantu..
    kalau yang dikirim berupa makanan bagaimana ya?
    rencananya saya mau ngirim coklat ke malaysia.. apa ada perlakuan khusus?

    kalau postcard lihat tarifnya dimana ya? saya coba liat di web pos tidak ketemu. postcard ke canada..

    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta maaf saya belum ada pengalaman mengirim makanan ke luar negeri, tapi kemarin ada yang mengirim keluar negeri tidak ada perlakuan khusus. Keculai bungkusnya harus berwarna coklat atau dilakban semua. Kalau tidak petugas pos minta di bungkus ulang. Seperti yang pernah saya lihat ada yang mengirim ke luar negeri tapi disuruh bungkus ulang.
      Sedangkan untuk postcard ongkosnya bisa disamakan dengan surat luar negeri atau pakai yang lebih cepat lagi EMS dokument. Semoga bisa menjawab pertanyaan anda. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami.

      Hapus
  17. oiya.. menurut anda, untuk pengiriman coklat, apa tidak apa-papa ya kalau pake yang paket cepat saja? terima kasih lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu semua tergantung kebutuhan. kalau mas butuhnya cepat pakai EMS. tapi kalau tidak urgent mungkin pakai pos cepat lebih murah. Semua dikembalikan ke kebutuhan masing-masing. yang ditakutkan kalau mengirim coklat adalah coklatnya menjadi lebek dan berubah bentuk.

      Hapus
  18. mba, maaf mau tanya saya mau mengirim paket ke malaysia, nah ongkos kirim yang tertera menggunakan paket cepat sebesar USD 13,70 dengan beret paket sd 2kg. memang semahal itu ya mba kalo kita mengirim paket dengan berat ringan
    terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak emang harganya segitu.bisa di cek kok di web posnya, ini linknya
      http://www.posindonesia.co.id/index.php/loginall-comuser-views/tarif-kiriman/kiriman-pos-internasional
      Barusan harganya emang USD 13 buat 2 kilo. Kalau pakai EMS mah kena diatas USD 22.
      Biar ga kaget silahkan cek aja ongkos kirimnya diweb dulu sebelum kirim barang. Saya juga gitu kok sebelum kirim barang. Asal jangan kena volume bisa lebih mahal lagi.

      Hapus
  19. Assalamu'alaikum Mb.

    mau tanya untuk pengiriman ke luar negeri dengan berat 17 kg dibutuhkan surat apa saja. soalnya pernah tanya kake kantor pos katanya harus pake TE bill, invoice dan macam-macam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsamalm Mbak,
      Selama saya mengirim ke luar negeri tidak pernah ditanya macam-macam. Yang paling besar saya kirim kan sekitar 20 kg ke Malaysia tidak pernah ditanyakan surat apapun. untuk pengiriman ke malaysia telah saya lakukan puluhan kali dan tidak pernah ditanya surat atau invoice. tapi kalau untuk negara tertentu lainnya saya tidak tahu mbak. Mungkin ada perlakuan khusus.Coba mba tanya ke kantor pos lain yang lebih besar. Mungkin lain lagi perlakukannya. Seperti yang pernah saya alamai kalau di kantor pos yang kecil tidak mengetahui pengiriman pos dengan menggunakan Pos Cepat. Saya harap jawaban saya bisa membantu

      Hapus
  20. mba kalo ke kirim ke luar negri paketnya harus coklat ya? umpama warna hitam trus saya lakban bening tapi sudah rapi apa kena biaya packing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya dan saya lihat. Memang harus coklat. Kemarin ada bapak- dan istrinya juga akan mengirim keluar negeri terpaksa membeli kertas pembungkus yang berwarna coklat karena sebelumnya petugas menolak menerima kiriman. Tapi itu yang terjadi kantor Pos Pemuda Jakarta saya tidak tahu itu hanaya kebijakan hanya untuk kantor itu saya atau menyeluruh. Sayapun kalau mengirim tapi tidak rapi mesti kena biaya bungkus lagi sekitar 20-25rb sekarang padahal dulu hanya 10rb.

      Hapus
  21. assalammualaikum
    Mbak , saya mau tanya... Tmena saya minta dikirimi ragi tempe dan baju gamis dari indo ke hongkong. Rencananya saya mau kirim ragi tempe nya lebih kurang 1kg dan baju gamis nya kira-kira 3 lusin
    Pertanyaannya:
    menurut sepengetahuan mbak dengan barang dan kuantitas segitu apakah saya bisa mengirimnya lewat paket pos cepat?
    apakah tidajk ada syarat khusus/tambahan untuk barang seperti yang mau saya kirim tersebut?
    terimakasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu kalau untuk ragi ada perlakuan khusus atau tidak (mudah-mudahan tidak ada), tapi untuk kuantitas segitu bisa kok dikirim melalui pos cepat, asal beratnya lebih dari 5 kg. Soalnya kadang kurang dari 5 kg dianggap document. Perlu diperhatikan packingnya juga karena packingnya asal-asalan bakal disuruh packing ulang oleh petugas disana, dan perhatikan juga ukuran barang kiriman. Kalau baju biasanya volumenya besar. Bisa jadi nanti harga kirim dihitung berdasarkan volume bukan berat barang kiriman. Biasanya untuk rumusan volume adalah = (panjang x Lebar x Tinggi)/6000 . maka akan didapat berat barang yang dikirim berdasarkan volume dan nantinya akan dikalikan dengan harga ongkos kirim per kilogramnya. Semoga bisa membantu.

      Hapus
    2. trimakasih mbak,, jadi kalo baju yang kuantitas nya segitu nggak ada persyaratan yg rumit kn mbak,, bgitu kn mksudnya?
      ok mbak saya coba dech makasi banyak

      Hapus
    3. Setau saya tidak ada mbak. Soalnya sudah sering saya mengirim barang ke Malaysia lebih dari 19 kg tidak masalah. Mungkin disebut saja hadiah pak didalam nota pengiriman.

      Hapus
  22. mbak atau pak? trakhir kirim ke pos kapan ya? sy tanya ke pos bekasi kok data di web tidak update katanya, perkilo kena 212rb saya tanya padahal dl di web di cek 3kg 159rb sj utk jenis yg biasa. mohon infonya ya?

    riyanto | www.duniabayi.co.id | 081317457779

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas saya selalu berpatokan kepada web kok. terakhir saya kirim Bulan April yang lalu. Kalaupun beda hanya sekitar 20rb paling banyak untuk sekali pengiriman. Jadi setiap pengiriman dari ongkir saya tambahkan juga pajak dan biaya bungkusnya. Aneh sekali kalau mereka bilang itu tidak update.

      Hapus
  23. makasih om atas informasinya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  24. Paket cepat paling cepat berapa hari sampai malaysia ya.. dn kalo kirim 13kg.. bisa enggak ditulis gift..ataupn sy bhgikan pos nya da 2kotak 1 kotak 6.5kg+6.5kg=13kg. Bisa enggak begini �� terima kasih ya mbak ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya maksimumdua mingguan sampai kok. kan pakai udara juga. kadang seminggu sampai. Ada pilihan kok di formnya contoh barang hadiah, contoh dagangan dll. Biasanya disatuin mbak. ntar dungkus lagi sama orang pos kalau kita tidak rapi membungkusnya. Biasanya mereka minta oake lakban coklat itu seluruh kotak dilapisi.

      Hapus
  25. Mba.. paling cepat berapa lama ya dr jkta ke Malaysia kalo guna paket cepat?

    BalasHapus
  26. mba saya baca mba mengirim barang pecah belah ke Malaysia, itu di bolehkan ya? packingnya menggunakan apa mba boleh saya tahu? apakah mba packingnya pakai kayu atau bagaimana? saya ingin mengirim frame yg ada kaca depanya untuk hadiah ultah teman di taiwan, sy takutnya tidak boleh krn barang pecah belah
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah sih mbak kirim pecah belah ke lauar negeri. Mungkin lebih baik mbak datang langsung ke kantor pos besar terdekat untuk menanyakannya. Sepertinya mesti dipacking kayu deh

      Hapus
  27. mbak kalau saya beli cinderamata dr india or thailand free shipping (via ebay) padahal harganya cuma 37 ribu - 67 ribu atau paling mahal 120 rb..kenapa bisa ya mbak ? pos indonesia mmg bisa gitu gak ya mbak ? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak faktor yang membuatnya bisa begitu mbak. Yang pasti si penjual menanggung ongkos kirim walaupun itu mungkin kecil. Tapi biasanya kalau fre shipping itu lama kan sampainya. Sistem mereka sudah maju dan menggunakan mesin dan mungkin juga disini ekonomi biaya tinggi. Mungkin lo ya mbak...

      Hapus
  28. Assalamualaikum, mba saya mau tanya kalo kirim barang berupa jilbab yg beratnya kurang lebih 3kg packingnya yg baik pakai apa ya mba? Kardus atau plastik saja? Mohon tanggapannya mba, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya pakai kardus mbak biar aman. dan kardus dilakban sekelilingnya. Nambah berat sih... Kalau dilakban biasanya permintaan orang posnya.

      Hapus
  29. hallo mbak, ada costumer saya dr malaysia yang ingin beli produk saya. dengan pengiriman via pos, saat sampai ke negaranya, apakah cstmr saya akan dikenakan pajak untuk pengambilan barangnya? atau barang langsung diantar ke rumah cstmr tersebut? produk saya adalah tas punggung merek lokal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini yang saya kurang paham juga pak. Soanya kemaren customer saya yang instruksikan kalau barang tesebut adalah Health and Care poduct. Dan pernah ditahan sama custom disana juga sih dan dia datang ke kantor sana buat ngambil barang. Kadang diantar kerumah juga. Sudah sering saya mengirimkan barang ke dia dia ga pernah ngeluh kalau dia kena pajak.
      Kalau barang banyak mungkin saja kena pajak pak. Kalau barang degan jumlah kecil seperti jualan saya mungkin tidak kena pak.

      Hapus
  30. Pak. Saya berencana kirim barang ke Hongkong. Barang tersebut adalah madu botol kaca dan madu botol plastik. Kira-kira adakah yang punya pengalaman, kira-kira Kantor Pos mau terima nggak ya? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa barang yang dilarang dikirimkan pak. Salah satunya cairan seingat saja.. Dalam negeri saja ribetnya minta ampun kalau ngirim cairan. Bapak bisa konfirmasi langsung dengan kantor pos terdekat untuk lebih jelasnya. Maaf tidak banyak membantu.

      Hapus
    2. Iya Pak, dalam negeri saja, saya kirim produk2 cairan gampang-gampang susah. Nggak kebayang kalo disuruh kirim ke Hongkong, Malaysia, apalagi kawan di Amerika. Terimakasih Pak atas informasinya.

      Hapus
  31. Berarti harus pake kertas coklat ya? Terus di lakban lagi ? , paketan ku agak besar 25x13x33 , kenanya 10 kg , padahal aku timbang hanya 3,5 kg :( , kalo ambil paket biasah hanya 200 ribu , kira kira 2 minggu baru sampai ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok kenanya 10 kg mbak? berdasarkan perhitungan saya hanya 1,7kg. Setau saya kalau perhitungan volume PxTxL/6000 (satuan cm). Setelh saya hitung cuma 1,7 kg. Mungkin ditanya lagimbak. Perhitungan berdasarkan volume untuk JNE, POS, DHL setau saya sama. Ga harus di bungkus coklat tapi mending dilakban coklat full aja. Semoga membantu

      Hapus
  32. Berati harus pake kertas coklat ya ? , terus di lakban lagi ? Paketan saya volumenya besar dan kalo di kalikan menjadi 10 kg padahal hnya 3,5 kg :( , kalo pake paket biasah lebih murah , kira kira sampe 2 minggu ya estimasi kedatangnya ? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau biasa kalau tidak salah sebulanan kataya mbak yang paket cepat yang cepat sampenya.

      Hapus
  33. Bedanya barang dagangan dengan hadiah apa ya mba ? Saya takutnya di tahan di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadiah ya buat bukan dijual mbak. Kalau bukan barang terlarang Insya Allah sampai. Barang jualan saya sampe terus kok kesana.

      Hapus
  34. halo aku mau tanya. Biaya tax & asuransi yang harus dibayar berapa persen dari harga paket ya? Terus saya lihat di website pos indonesia ada pilihan "paket cepat" dan EMS Merchandise harganya tidak jauh berbeda. Yang biasa mbak pakai itu paket yang mana ya? btw saya mau kirim barang dari Jakarta ke Amerika. Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya biasany pake paket cepat. dibawah EMS. Pengiriman pakai udara juga tapi agak lama sampainya sekitar dua mingguan ke Malaysia. Kalau tidak beda jauh ya pakai EMS saja biasanya 3-4 harian.... Kalau perhitngan Tax dan Asuransi yang ngitung orang Pos. Saya tinggal bayar. Soalnya saya tidak tahu formulanya.

      Hapus
  35. Halo saya mau tanya. Saya sudah cek di web ems pos indo. Rencananya saya mau kirim paket yg berisi hadiah untuk teman saya yang di Amerika. Saya dari Jakarta. Saya mau bertanya mbak kirim paketnya pake EMS Merchandise atau Paket Cepat atau Paket Biasa ya? Dan apa perbedaannya diantara ke-3 paket tersebut? Apakah Paket Biasa/Cepat dapat Tracking Number juga? Mohon dijawab setahunya ya hehe terima kasih banyak atas infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbedaannya itu lama sampainya. EMS paling cepat. Paket Cepat dibawah EMS sedangka Biasa itu paling lama sampai. dan itu berbanding juga dengan harga pengiriman. EMS mahal, Paket cepat sedang sedangan Paket biasa lebih murah. Paket cepat dan dan EMS setau saya ada trackingnya dan bisa dicek di web PT. POS, sedangkan yang satu lagi saya tidak pernah pakai jadi saya kurang tahu, takut salah infirmasi nantinya.

      Hapus
  36. Ternyata di kota saya hanya ada EMS say :( cukup kecewaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak kalau mau nanya paket POS cepat tanya ke kantor POS utama yah jangan kantor pos kecil, soalnya saya beberapa kalai kejadian kalau kantor POS kecil tidak tahu yang Paket Cepat. Mereka hanya tahu EMS. Akhirnya saya bawa ke Kantor Pos yang besar baru itu ada. Jadi jangan ke kantor Pos kecil ya mbak. Semoga membantu.

      Hapus
    2. hi mbak, kebetulan aku mau kirim barang juga besok sekitar 8kg dan sudah kupecah krn menurut web ada paket namanya surat RLN dengan maksimal 5kg ke malaysia. apa mbak pernah kirim via surat RLN ya? masak td ke kantor pos dekat rumah saya dipondok gede dibilang maksimal beratnya 2kg untuk surat RLN padahal saya lihat di web maks. 5kg. saya jd bingung..pernah pake surat RLn ga mbak? apa saya tunjukkan ya beda tarif web nanti sama petugasnya..? kok bisa beda gitu sm web..hiks

      Hapus
    3. Kalau di kantor POS Rawamangun saya juga pernah ngirim barang kecil berat 1 kg itu termasuk kategori Surat. Saya tanya ke Petugasnya kalau kategori surat itu. Katanya beratnya kurang dari 2 kg. Kalau lebih dari itu masuk kategori Paket Luar negeri. Selama saya ngirim sih patokannya diweb mbak. ditambah ongkos bungkus ulang dan biaya lain-lain.

      Hapus
  37. Mbak. Klo mw ngirim barang elektronik sperti hp 2-4 unit kira2 ada masalah gak ya...!? Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngirimnya kedalam atau keluar ya mbak? kalau kedalam negeri dari luar biasanya lewat aturan batas harga yang ditentukan akan kena pajak. Kalau keluar negeri saya kurang paham. Maaf belum pernah ngirim HP.

      Hapus
  38. Mbak. Klo mw ngirim barang elektronik sperti hp 2-4 unit kira2 ada masalah gak ya...!?

    BalasHapus
  39. hi mbak, kebetulan aku mau kirim barang juga besok sekitar 8kg dan sudah kupecah krn menurut web ada paket namanya surat RLN dengan maksimal 5kg ke malaysia. apa mbak pernah kirim via surat RLN ya? masak td ke kantor pos dekat rumah saya dipondok gede dibilang maksimal beratnya 2kg untuk surat RLN padahal saya lihat di web maks. 5kg. saya jd bingung..pernah pake surat RLn ga mbak? apa saya tunjukkan ya beda tarif web nanti sama petugasnya..? kok bisa beda gitu sm web..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau saya kirim sama aja kok mbak, tapi yan itu belum pajak dan laninya? tapi itu bedanya sedikit kok.

      Hapus
    2. iyah emang 5 kg untuk rln.
      itu msuk nya ke tercatat luar negeri
      waktu sampai nya 1 - 3 bulan tergantung jarak

      Hapus
  40. Mba...saya dr Malaysia mahu tnya apa keseluruhan ongkirnya mba jika 10kg pake paket cepat itu.? Maksud aku di campur biaya tax dan insuransi.
    Skrg aku lg mslh sama supllier di Bogor mba...kirimannya mhl sekitar1.1jt utuk 10kg mba. Apa jika pake paket cepat ini...total ongkirnya mmg murah?
    T.kasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah saya cek dari web PT. Pos Indonesia di http://www.posindonesia.co.id/index.php/loginall-comuser-views/tarif-kiriman/kiriman-pos-internasional . kok itu ongkos kirim mahal amat ya. Apa itu barang pecah belah? sehingga harus dipacking kayu? untuk sepuluh kilo ongkos kirim ke Malaysia hanya Rp. 544.065,- belum asuransi yah. itu kalau menggunakan paket cepat. kalau EMS memang harganya Rp.1.154.987,-. Mungkin supplier anda menggunakan EMS bukan paket cepat. Silahkan konfirmasi kembali.

      Hapus
  41. biaya pengiriman dari malysia ke indonesia berapa mbak, dan gimana cara proses pengiriman nya,mohon di jawab :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari malaysia ke Indonesia ratenya silahkan cek di link berikut http://www.pos.com.my/pos/appl/general_mail_int_rate.asp. Kalau prosesnya saya tidak mempunyai informasi mengenai itu. Terima kasih.

      Hapus
  42. Hallo mau nanya, kalau mau mengirim 2 tipe barang dari indonesia ke brasilia, brazil, apakah sebaiknya dipisah saja atau dijadikan satu ya?jadi saya mau ngirim dokumen sertifikat dan paket barang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau alamatnya sama mending disatuin hemat biaya. Kalau dokumen penting mending dipisah pakai yang cepet.

      Hapus
  43. Balasan
    1. terim kasih kembali sudah berkunjung. maaf lama respon.

      Hapus
  44. Mbak, nanya donk.. kalo pengiriman untuk ukiran kayu gt kena undang2 ga sih? soale waktu itu saya sempet baca kalo utk pengiriman ukiran kayu gt ga diperbolehkan. Selain itu enaknya pake shippingnya yg gmn ya? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini as far I know ya mbak/mas, saya belum pernah tau kalau ukiran dilarang. Yang dilarang itu barang yang berbahaya, yang mudah meledak, cairan dll. Kalau dilarang export keluar negeri juga dilarang dong buat bahan2 kayu lainya. Kalau ukuran kayu mungkin penanganannya beda. Mungkin itu di packing kayu. Jadi lebih mahal packingnya.. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi kantor pos terdekat. Semoga lancar ya pengirimannya.

      Hapus
  45. Mbak saya mo kirim barang ke malaysia yaitu mukena dan baju beratnya 10 kg apa harus pake surat izin ya...???dulu barang saya kena tahan di beacukai. Beratnya 7.5kg,kalo kirim barang seperti freshcare giman caranya ya....????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya tidak perlu deh. Soalnya saya mengirim sampai dengan 20 kg lebih aman-aman saja. Tapi memang pernah tertahan di Bea Cukai dan orang sana yang yang mengurus. Saya tidak tidak tau alasannya tertahan dibea cukai. Tapi dari berkali kali saya mengirim sangat jarang sekali barang tertahan dibea cukai dan tidak perlu surat. Kalau pengiriman cairan sepertinya susah kalau tidak mau dikatakan tidak mungkin. Soalnya cairan termasuk salah satu barang yang terlarang dikirim. Mungkin bapak atau ibu bisa menghubungi kantor pos terdekat untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

      Hapus
  46. Mbak, aku mau kirim buku (bukan untuk dijual) beratnya 1,5kg ke temen. Enaknya pake paket LRN, EMS, atau paket cepat. Itu dihitung vol atau berat ya? Apa nanti ditanya oleh petugas pos harga bukunya berapa.
    Saya pernah dengar dikenai ppn 10% & htnb 0,26% dari total nilai kiriman barang. Maksudnya apa ya mbak. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. LRN saya baru dengar. EMS dan Paket cepat yang sering saya pake.kalau ukurannya besar jelas pake volume. yang pasti yang mana yang besar. Harga buku pasti ditanya tapi tergantung kita jawab berapa.
      htnb saya kurang paham juga yang pasti itu nambah ongkir hehehe

      Hapus
  47. Sebelumnya terimakasih, sudah membagi pengalamanya mengirim paket ke luar negeri. Saya baru merintis usaha online mbak/mas, jadi ada calon customer yg ingin membeli dagangan saya 6pcs tshirt ke paris. Namun karna saya masih awam pengiriman ke luar negeri, ketemu dg tulisan ini..
    Saya simak, ongkir lebih terjangkau menggunakan pos cepat dibandingkan EMS.
    Ketika saya cek harga dari bekasi ke france saya sett 1,5kg, EMS MERCHANDISE USD 43,28 sedangkan yg pos cepat 47,60. Selisihnya lumayan :) namun blm termasuk ppn dan asuransi.

    Kemudian, utk perhitungan harga ongkir sebaiknya gimana ya,? utk ppn dan asuransi kira-kira dikenain biaya berapa ya mas/mbak? supaya nantinya saya tdk nombok ongkir. Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya kalau kurang dari 2 kilo kalau ga salah masih dihitung mail bukan merchandise....kalau asuransi biasanya ada perhitungan dan saya kurang paham. saya selalu kira2 aja. dan selalu berlebih hehehe.

      Hapus
  48. mbak, online shopnya apa namanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jualan alat kesehatan mbak tapi sekarang lagi vakum. http://azra-shop.blogspot.com/ itu alamatnya

      Hapus
  49. saya juga jualan online mbak, kebetulan ada customer dari nigeria, cara pembayarannya kan transfer mbak. itu gimana caranya? secara itu luar negeri, sedangkan saya masih awam tentang paypal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya kalau transfer sih langsung masuk ke akun kita langsung mbak. sedangkan saya lebih biasa pake western union. Karena bisa dicairkan di kantor Pos. kalau Paypal, setau saya kita harus punya akun yang terhubung dengan salah satu bank atau kartu kredit. Jadi kalau ada uang masuk maka masuk ke bank kita, akan tetapi saya kurang familiar dengan jenis pembayaran ini. saya memakai pay pall hanya beli barang di luar negeri.
      Semoga bisa membantu...

      Hapus
  50. Mbak, saya mau tanya. Bisanya kalo mbak ngitung perkiraan biaya asuransi+pajak dikali brp persen ya? Saya ada orderan buat ke malaysia. Berat sekitar 3kg, brgnya berupa keyboard,mouse ky gitu deh mba. Kalo ngitung perkirannya ky pajak disini yg biasanya 10%an kebanyakan atau gmn mba? Mksh sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu aja selain ongkir saya cuma kena biaya sekita 5 pesenan.... kok bisa dapet kena 10 persen.?????

      Hapus
  51. Salam..

    wahh.. bermanfaat banget udah baca baca di blog ini..
    thanx udah shared ttg ini yaa.. :-D
    btw, kalo ada info juga dong untuk pengiriman ke LN dengan berat di atas 50 kg yang lebih lebih murah pake iasa apa yaa..?? Katanyah pake cargo laut.. tapi ga tau itu penghitungannyah gimana..
    thanx... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah usahanya semakin berkembang yah. Kalau untuk 50 kg pake laut lebih murah tapi kan lama..... kalau ukuran segitunya sepertinya saya belum pernah pake laut selalu paket cepat saja.

      Hapus
  52. butuh jasa pengiriman, kontainer, kargo, lcl, via darat, laut dan udara bis hub kami. 085715212000

    BalasHapus
  53. Makasih share nya mb. Manfaat banget. Klu mau krm brg ke sunnyvile sekitar 250kg sarannya pake apa yg murah ya? Trmksh byk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ukuran segitu mungkin pakai laut aja mbak tapi lebih lama pastinya.. soalnya kalau pakai udara biasanya kena surcharge (setau saya). kalau barang berat gitu saya belum pernah ngirim.... Mungkin ada pembaca lain yang bisa membantu?

      Hapus
  54. Mbak saya sudah cek tarif dari ems. Di situ ada pilihan paket ems merchandise sama paket cepat dan paket biasa. Saya hanya mengirim paket berupa pakain saja jadi tidak perlu cepat sampai karna tujuan pengiriman juga jauh. Apakah bisa paket saya dikirim dengan paket biasa? Dan ems marchandise itu maksudnya apa ya mbak? Trimakasih mohon balasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. EMS cara pengirimakan ke luar negeri yang paling cepat dan juga tentunya yang paling mahal. Kalau mau pakai paket biasa aja yang tentunya lebih murah dan lebih lama. Perlu diingat lagi kalau pengiriman paket selain EMS biasanya dilakakukan di kantor POS besar saja. Kemaren saya coba di kantor pos kecil mereka tidak tahu. O iya. EMS ada dua yaitu EMS merchandise dan EMS surat. itu dibedakan dari beratnya saja. Kalau kurang 2 kg (kalau tidak salah) itu EMS surat.CMIIW

      Hapus
  55. Assalamu'alaikum..
    pak/bu nuhun saya mau tanya nih. saya ingin mengirim paket ke Bangladesh. paket yang ingin saya kirim hanya beberapa baju sebagai hadiah. kalau boleh kasih saran, saya bagusnya ngirim pakai pengiriman yg mana yah? kira2 kalau pake EMS tarifnya berapa yah kalau berat krg lebih 1kg? saya cek tarif di pos indonesia rada bingung. terus kalau malasah packingnya, lebih bagus mana pakai box atau diplastikin aja? nuhun masukannya. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      Kalau sebagai hadiah dan berat 1 kg ongkos EMS surat ke Bangladesh sekitar Rp. 252.460,- belum termasuk pajak dan asuransi. Kalau masih 1 kg dianggat sebagai surat dan untuk Packing sebaiknya pakai box dan diberi lakban coklat sekeliling barang. Semoga bisa membantu. Untuk pengecekan harga kirim bisa di alamat berikut ini http://posindonesia.co.id/tarif/

      Hapus
  56. saya mau tanya kalau kirim barang elektronik dr indonesia ke luar negri bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak melihat adanya larangan pengiriman barang elektronik dari dalam ke luar negeri, yang jadi masalah paling kalau perlakuan barang elektronik akan berbeda dengan barang biasa. Bisa jadi kita akan diminta packing kayu dan asuransi lebih mahal.

      Hapus
    2. oh bgitu ya,terimakasih atas info.a😊

      Hapus
    3. Sama-sama semoga bisa membantu

      Hapus
  57. ass... klo kirim obat"an seperti milanta ...apa bs sampai ketujuan atau gak ya mba.. tujuan nya ke taiwan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Jujur saya belum pernah kirim obat berupa cairan, tapi sebagai gambaran pengiriman dalam negeri saja pengiriman lewat udara tidak diperbolehkan cairan. Mungkin pembaca lain bisa membantu. Biar lebih pasti mungkin bisa ditanyakan ke kantor Pos terdekat. Maaf belum bisa membantu.

      Hapus
  58. Mba saya mw tanya untuk pengiriman berupa makanan harus ada ijin bppom..
    Untuk mengurus ijin'a apakah mba tw cara'a sperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak pernah mengirim makanan dari luar negeri. Jadi minta maaf saya tidak bisa membantu bapak dalam hal ini.

      Hapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  60. Terimakasih mba atas pengalamannya...... Tapi saya masih bingung saya mau mengirimkan keripik ke malaysia sejumlah 20Kg.Di lihat dengan EMS harganya cukup mahal kira2 bagai mana solusinya ya mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau keripik bisa jadi kena perhitungan volume mbak bukannya beratnya. Jadi beratnya bisa jadi lebih dari 20 kg. Dikarenakan kerupuk itu ringan dan makan tempat. Masalah terbesarnya bisa jadi hancur sampai ke Malaysia karena handling yang kurang baik. Kalau yang murah sih bisa pakai paket biasa yang waktu pengirimannya lebih lama. Tentu saja harganya lebih murah.

      Hapus
  61. Asalamualaikum sya mau kirim barang ke amerika
    Kira" bagus nya pake paket apa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bagus bisa pake FED EX atau DHL tapi tentu saja harganya mahal. Pakai EMS sepertinya lebih murah.

      Hapus
  62. Mba makasih bgt infonya bermanfaat bgt.. saya baru perdana mau kirim baju kaftan 30pcs ke malaysia.. packingnya bagaimana ya amannya? terus kita info ga mba klo itu barang dagangan bukan hadiah.. ditunggu jawabannya.. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik pakai kardus dan di lakban full. Di lembar pengiriman ada pilihan kok mbak itu hadiah atau sample barang jualan. Biasanya saya tulis sampel barang.

      Hapus
  63. Ass,,,,sy ingin berbagi pengalaman mengenai pengiriman paket pos biasa ke amerika.berhubung sy tinggal di amerika jd sy meminta teman mengirim barang berupa tali kur,bumbu dapur dan kerupuk, sy minta utk memakai jasa pos biasa dan itu memakan waktu 3 bln utk sampai dan alhamdulillah setelah sy dgn sabar menunggu walau sempat putus harapan kl barang itu hilang or apa tapi sampai juga di tangan sy. Untuk biaya pengiriman pun sangat murah. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai jasa pos jenis apa ya mbak? 3 bulan baru sampai kesana? Apa tertahan di custom? Tapi yang penting sih memang barangnya sampai...

      Hapus
  64. halo saya beli barang di ebay menang bid (pelelangan) seller dari malaysia,sudah 3 minggu kok belum sampai ya?ada yang pernah punya pengalaman seperti saya?mohon pencerahannya gan/sis :v

    BalasHapus
  65. Aslm mba..
    Mohon maaf sebelumnya saya ingin bertanya.. apakah pengiriman barang bisa dicampur antara barang elektronik dan pakaian? Dan lebih baik kita packing dulu dari rumah atau di kantor pos saja ya mba? Kalo sudah dipacking apakah di kantor pos nanti akan dibongkar lagi?
    Semoga mba berkenan menjawabnya.. :)
    Makasi sebelumnya ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakaian dengan barang lain yang tidak dilarang biasanya bisa disatukan atau dibedakan tapi biasanya dihitung perpaket. Kalau elektronik semacam TV atau Kulkas, setau saya diminta packing kayu dan harga packing terpisah dan pastinya berat kiriman akan bertambah. kalau untuk packing bisa dilakukan dirumah dan dilakban full. Kalau diminta orang pos packing sih bisa tapi nambah ongkos bungkus lagi mbak. Semoga jawaban saya bisa membantu Mbak sarah.

      Hapus
    2. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh... maap lupa jawab salamnya barusan

      Hapus
  66. Terimakasih penjelasannya pak..

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum.. Saya dari Malaysia.. Saya mau tanya...kenapa tarif di website pos Indonesia tidak tepat??di website murah,tetapi apabila pos,lain harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya kalau diweb itu belum termasuk asuransi dehm pak. MEmang beda tapi tidak banyak.

      Hapus
  68. Mba mau tanya kl utk pembayaran ke mba nya dr Malay biasa pake apa ya? Maklum saya newbie mohon infonya. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya dulu pernah melalui western Union dan juga lebih sering transfer langsung. Jadi uang dari Malaysia langsung masuk kedalam rekening saya. ga tau itu orang Malaysia pakai apa. Kalau Western Union mencairkannya harus ke Kantor Pos Besar. Kantor Pos kecil hanya menerima kirim uang saja....

      Hapus
  69. Misi mbak.
    Mau tanya ada yg pny pengalaman kirim barang dr luar negeri ka indo ga ya?
    Adek sy berencana mengirimkan bbrp makanan kecil dr Taiwan, smcm snack dan susu bubuk gt. Tapi kami sama2 ragu, takut barangnya ditahan di bea cukai indonesia.
    Mgkn ada yg bs share pengalaman pengiriman dr luar gini? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur kalau makanan saya belum pernah. Tapi kalau peralatan aksesoris mobil sering dan belum pernah ditahan oleh bea cukai. Tidak ada salahnya mencoba dari barang yang murah dulu dikirim ke indonesia dan berbekal pengalaman tersebut baru kirim barang mahal. Atau ada pembaca yang lain mempunyai pengalaman serupa?

      Hapus
  70. Hi, saya ingin tahu. Saya ingin membeli piano digital di jakarta atau bandung melalui online. Dan ingin dikirim terus ke Malaysia. Berat nya sekitar 40kgs dan (P:1.5m, L:0.4m tebal: 10inch). Apakah jasa pengiriman yang sesuai atau bagaimana mengirim nya? Supaya, saya tidak perlu pergi ke Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai Jasa POS bisa kok pak, kalau elektronik biasanya diminta packing kayu dan ada banyak jenis pilihan paket yang bisa digunakan... Yang cepat, lama atau lama sekali... semua berhubungan dengan dana. Kalau Pakai DHL atau Fed EX akan lebih baham biasanya.

      Hapus
  71. Ass mba.. aku mau tanya dong klau mau kirim barang hp 8 trus tas anak 4 sepatu 2 enak nya lewat apa ya.. sy mau kirim ke nigeria.. kira2 berapa biayanya.. makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau barang elektronik perlakuannya beda deh mbak. kalau mau detail silahkan hubungi kantor pos terdekat. Untuk estimasi harga bisa melihat ke web pos indonesia. Semoga informasi yang saya sampaikan dapat membantu.

      Hapus
    2. Tapi kirim hp bisa ya mba ke nigeria, soalnya kemarin mau kirim hp lwt dhl katanya batre gk blh di paketin.. klo gk ada batre nya gimana hp bs hidup,kira2 pake paket apa enak nya yg murah

      Hapus
    3. Nah itu dia peraturan tiap shipping line berbeda-beda. kalau yang murah sih pos tapi saya belum pernah kirim hape dari sini mbak. mungkin bisa ditanyakan langsung ke kantor pos besar terdekat.

      Hapus
  72. Ada yg tau kantor pos mana di area bekasi yg Ada layanan pos cepat

    Tolong kasih tau Saya via sms
    +62 823 84350248

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah mengirim dari bekasi mbak dul pernah orang pos nya saya tanya tidka tahu kalau ada pos cepat. Jadilah saya dari Bekasi ke Jakarta mengirimkanya. Mungkin di kantor besar pos bekasi bisa mbak (mungkin ya)....

      Hapus
  73. Ada yg tau kantor pos mana di area bekasi yg Ada layanan pos cepat

    Tolong kasih tau Saya via sms
    +62 823 84350248

    BalasHapus
  74. Selamat pagi mbk.. Saya mau brtnya, saya dpt kiriman dri singapore sdh 5 hri statusnya cuma delivery ke indonesia trus saya tnyakan online pda pos, katanya paket saya bukan ems tp paketpos LN.. maksudnya itu pngiriman jnis apa ya mbk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau luar kedalam saya kurang mengerti mbak secara system mereka beda dengan yang di Indonesia. Tapi kalau EMS banyak digunakan negara lain. Mungkin maksudnya paket itu bukan yang EMS tapi jenis pengiriman yang lain dibawah EMS. Semoga membantu.

      Hapus
  75. Mau tanya bisa engga kirim alat berat ke luar negri via ems\pos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau mengirimkan barang yang berat belum pernah pak. Mungkin bisa dihubungi kantor pos terdekat.

      Hapus
  76. Mau nanya mbak/mas. Kalo ngirim ke Inggris pkek EMS nyampenya kira2 krg seminggu ya? Meskipun ditracking statusnya masih di sni trus.��makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengalaman saya kalau EMS dua hari barang sudah berangkat. Tidak tau kalau ada masalah disini barang kali

      Hapus
  77. saya pakai PAKET BIASA POS INDONESIA dari jaakrta barat ke kuala lumpur.Mengirim paket 4 kilo (per 2 kilo 193 rb) susu dan teh, sudah 1 bulan lebih blm sampai, di track lewat website pos, masih dlm perjalanan ke malaysia. memang biasany berapa lama paket biasa sampai? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah mengirim pakai paket Pos Biasa. Saya biasanya paket cepat dan itu biasanya paling lama 2 minggu. Kalau EMS lebih cepat lagi. Mungkin pembaca lain bisa membantu?

      Hapus
  78. Assalamualaikum, Pak /Bu saya mau tanya ,saya mau kirim Hadiah Ke REP UBLIK CEKO kalau kirim Baju(250gr) atau Taskecil(100gr.) apakah kirim baju bisa pake layanan Surat RLN? Dan bagaimana dengan tas Kecil?
    Terimakasih wassalam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Stau saya kalau masih kurang 1 kg itu masih dianggap surat tapi kalau udah lewat udah dianggap paket.

      Hapus
    2. Terimakasih pak, Barang nya sudah sampai(18 Mei Namun Penerima sedang tidak ada :(( apakah akan dikirimkan kembali ke penerima?) di ceko pada tanggal 15 mei 2016 pengiriman tgl 9 mei 2016 (8 harian) Pakai surat R LN

      Hapus
    3. Setau saya di infokan pak ke pihak penerima.

      Hapus
  79. Just informasi hehe
    Seminggu yang lalu kirim baju seberat 13 kilo ke Malaysia via pos cepat
    Kena biaya 800 ribu plus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas informasinya bu....

      Hapus
    2. 13 kilo baju, isinya berapa helai bu?

      Hapus
  80. Sampai di johor Saya ambil sendiri Ke poslaju pusat karna barang ditahan Dan kena cukai rm46 hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau kena cukai ini saya belum pernah mengalami.

      Hapus
  81. Gimana caranya kirim obt ke jepang ya ?

    BalasHapus
  82. Kalau kena cukai Nanti dapat Surat Dari poslaju
    Ada 3 pilihan ,Datang sendiri,wakil orang lain,atau wakil poslaju


    Kalau Saya Datang sendiri ,suruh buka Isi paket itu trus diitung,trus bayar cukai itu Di counter ,sudah dch ambil barang Dan bawa pulang



    Baju 13kilo ,Ak tulis 1500ribu nilainya Dan ongkir Ke Malaysia via pos cepat kena 800 ribu,pas dihitung2 kena cukainya RM46

    BalasHapus
  83. Mohon info kalay kiriman ke kuala lumpur pakai ems statusnya adalah attempted to deliver sejak tgl 28 mei. Kata posnya sudah ada di pos laju. Tp customer coba cari kesana katanya tdk ada. Ada pengalaman begini?

    BalasHapus
  84. Cust tu suruh suruh call poslaju
    Lepas tu Tanya posisi barang Kat mane

    BalasHapus
  85. Terima kasih, ternyata barang ada di poslaju taman melawati

    BalasHapus
    Balasan
    1. juragan, kalau boleh tau, barang apa yang di kirim? apa pakaian juga?

      Hapus
    2. juragan, kalau boleh tau, barang apa yang di kirim? apa pakaian juga?

      Hapus
    3. juragan, kalau boleh tau, barang apa yang di kirim? apa pakaian juga?

      Hapus
    4. pak juragan, kalau boleh tau, barang apa yang di kirim? apa pakaian juga?

      Hapus
  86. Sekarang lambat sikit sebab Dah Nak Raya ,Saya punya guna ems pun seminggu lebih baru sampai huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya mereka lebih profesional. Kalau lagi overload harus dibilang didepan....

      Hapus
  87. Sudah di post before Di Facebook page poslaju kok 😊

    BalasHapus
  88. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  89. Selamat sore Pak/Bu, saya ingin bertanya. Saya berencana ingin mengirimkan postcard dalam jumlah banyak ke luar negeri. Barusan saya mengecek website Pos mengenai tarif dan saya tidak tahu kalau EMS ada dua, yaitu EMS document dan EMS barang.
    (1) Kira-kira apa yang harus saya pilih, yang document atau yang barang ya? Karena postcardnya sangat banyak.
    Andai kalau memang EMS document yang dipilih, (2) bagaimana cara membungkus postcard-postcard tersebut untuk EMS document? Awalnya saya berniat untuk memakai cardboard dan bubble wrap, namun saya takut tidak diperbolehkan kalau saya mengirim menggunakan EMS document.
    Mohon bantuannya. Maaf jika banyak pertanyaannya, terima kasih! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbedaan docukemen dan Barang yang saya tahu itu dari beratnya. Kalau seingat sya kalau dokumen kurang dari 1 kg. Maka dianggap dokumen. Kalau lebih dianggap barang. Cara packing terganting kita saja. Selama masih kurang dari 1 kg itu dianggap dokumen. semoga membantu.

      Hapus
    2. Jawaban dari Bapak sangat membantu. Terima kasih atas jawabannya ^^

      Hapus
  90. Assalamualaikum..
    Sy ingin bertanya kalau kirim paket ke jepang berupa kosmetik seberat 1kg seharga 2jtan mengunakan paket cepat LN dikenakan biaya berapa? Apakah pengiriman kosmetik diperbolehkan? Di kenakan biaya cukai atai tdk? Mohon bantuannya..maaf pertanyaannya banyak :) terimakasih

    BalasHapus
  91. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  92. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  93. assalamualaikum, saya lagi merintis bisnis tambahan, yaitu jualan pakaian di malaysia, baju baju anak yang sudah saya survey di bandung memang murah, tapi ketika survey ekspedisi cargo bkin saya ciut nyali.. Saya takut rugi di ongkir..
    kira2 ekspedisi apa yang paling murah tahun 2016 ini untuk pengiriman dari indonesia ke malaysia dengan dimensi agak besar, karena namanya juga pakaian pak, isinya lusin an..
    terimakasih, semoga jawaban bapak bermanfaat untuk saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ekspedisi selain Pos juga ada tapi saya kurang info. Kalau pos sih kalau sudah ukuran besar pasti yang diukur volumenya. Mungkin biaya yang lebih murh bisa menggunakan jasa laut.

      Hapus
  94. halo, maaf sebelum. apakah sudah di bahas apa belum. sy berencana kirim barang foundation liquid ke malaysia. tapi barang tersebut belum bebas di jual di indonesia (ambil dr korea). bagaimana caranya ya? thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau liquid termasuk barang yang agak susah dikirim. Mungkin mbak Esther bisa mendatangi kantor Pos Besar didekat rumahnya untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai masalahnya.

      Hapus

Like us on Facebook

Flickr Images