Memperpanjang SIM C beda alamat dengan KTP

11:41:00 AM

Sebenarnya saya memperpanjang SIM C berbarengan dengan SIM A yang juga habis masa ceritaya bisa dibaca pada pada link berikut ini http://goo.gl/vcPwxs . PAda awalnya saya sedikit ragu apakah saya bisa memperpanjang SIM C tersebut soalnya alamat yang tertera pada SIM C berbeda dengan alamat yang ada pada KTP elektronik saya.

Beruntungnya saat ini sudah ada perpanjangan SIM secara online. Jadi saya tidak harus datang ke SAMSAT kota Bekasi yang biasanya selalu ramai dengan antrian orang membuat SIM. Syaratnya tentu saja harus punya E-KTP yang mana datanya sudah tersimpan di server milik pemerintah dalam ini mungkin Kementrian Dalam Negeri (CMIIW)….

Pada hari pertama kedatangan saya ke Gerai SIM yang berada di lantai 3 Mall Artha Gading, dimana saya saat itu kurang beruntung. Loket pendaftaran sudah ditutup karena jam operasionalnya untuk pendaftaran jam 08.30 -12.00. Saat itu saya dating pada pukul 13.30.  Ototmatis saya tidak diayani, mereka hanya melayani penyelesaian berkas yang belum dipanggil.

Saat itu saya bertanya “Mbak kalau alamat pada SIM dan KTP elektronik beda bagaimana?”, “Apakah bisa diperpanjang?” lanjut saya. Dijawab oleh Mbak penjaga loket “Bisa mas, nanti alamat mengikuti KTP”. Alhamdulillah jadi saya tidak perlu lagi mencabut berkas dan mengurus ke Bekasi. Cukup satu kali dating SIM saya langsung selesai.

Adapun persyaratan memperpanjang SIM C adalah:
1.       E-KTP dan Fotokopi 1 lembar
2.       SIM C asli (ga pake fotokopi)
3.       Uang perpanjangan SIM C sebesar Rp. 145.000,-
4.       Pena (optional sih) mending dibawa saja

Keesokan harinya saya dating lebih pagi lagi dari hari sebelumnya. Jam 08.15 saya sudah meninggalkan kantor dan menuju MAG, kemudian tidak lama saya sampai dan kemudian memarkirkan motor diparkiran yang buka 24 jam yang berada di samping MAG (parkir motor ya) ga tau kalau mobil.

Jam 8.45 saya sudah sampai di lokasi. Dan saya melihat sudah ramai orag yang menunggu kantor Grai SIM ini buka. Padahal katanya buka jam 08.30 pagi kok sudah hamper jam 9 pagi belum buka juga. Sekitar jam 08.55 pintu Gerai SIM dibuka petugas dan meminta kami mengantri sesuai dengan jedatangan berdasarkan kejujuran masing-masing.

Mulai saya antri untuk mendaftar. Pas giliran saya saya diminta menyerahkan KTP serta fotokopi, serta SIM asli yang udah kadaluarsa. Semua data diisin petugas. Kita hanya diminta mengisi Nama Orang tua dan No telepon. Sisanya biarkan mereka yang bekerja. Setelah itu akan akan diperiksa mata kita akan penyakit Buta Warna. Mungkin ini yang disebut pemeriksaan kesehatan yang termasuk dalam biaya perpanjangan SIM.

Waktu pendaftaran sih berjalan cepat tapi yang lama menunggu difotonya. Sekitar 20 menit saya menunggu untuk difoto. Akhirnya nama saya juga dipanggil. Tidak berapa lama SIM C saya pun jadi. Jadi walau alamat SIM dan KTP beda. Yang penting KTP sudah yang Elektronik. Jam 10 pagi saya sudah kembali sampai dikantor.

You Might Also Like

179 komentar

  1. Mas ngaruh ga sih kalau punya sim a dan ktp beda,sim a itu banjar jawabarat dan ktp juga sim c saya cilacap jawa tengah,kalau kena tilang gimana ya?? Mohon info thanks...

    ReplyDelete
  2. Mas ngaruh ga sih kalau punya sim a dan ktp beda,sim a itu banjar jawabarat dan ktp juga sim c saya cilacap jawa tengah,kalau kena tilang gimana ya?? Mohon info thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Hubudin, Kalau memang beda alamat karena SIM masih berlaku dan KTP sudah pindah tidak seharusnya. Apalabila memang anda pindah domisili. Kalau memang daerah trsebut sudah online maka SIM mengikuti alamat KTP.

      Delete
    2. Klau Kena tilang ya kan tidak pernah liat KTP....

      Delete
  3. Mau tanya om,kalo sim c saya alamat banjarnegara jateng dan ktp saya alamat jombang jatim,klo mau perpanjang apa bisa,tanpa harus mutasi,
    makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai yang saya alami. KTP saya Bekasi (Jawa Barat) dan waktu itu Alamat di SIM saya di Jakarta. Saya bisa memperpanjang SIM tanpa harus cabut berkas. Tapi alamat SIM akan langsung berganti dengan alamat KTP. KTP harus E KTP yah dan daerah harus yang melayani SIM online.

      Delete
    2. Pak sony, berarti SIM anda SIM DKI tp alamat yg tertera di SIM nya alamat Bekasi begitu?
      soalnya saya jg baru saja pindah ke Tangerang Selatan...sebelumnya saya tinggal di Jakarta, dan SIM saya SIM Jakarta
      agak merepotkan memang kalau harus cabut berkas

      Delete
    3. Bener sekali Pak Yudhi, SIM DKI dan e-KTP Bekasi, jadi sekarang SIM saya mengikuti alamat yang tertera di e-KTP dan tidak perlu cabut berkas. Sehingga sangat menghemat waktu.

      Delete
    4. terima kasih Pak Sony untuk penjelasannya

      Delete
    5. Kalau SIM daerah (klaten) tp KTP jakarta, bisa jugakan pak?

      Delete
  4. Mau tanya om.sim c saya alamat banjarnegara Jateng sedangkan ktp saya alamat jombang jatim,nah kalo mau perpanjang sim apa bisa tanpa harus mutasi,
    makasiiiih

    ReplyDelete
  5. Kalau KTPnya belum eKTP bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepetinya belum bisa soanya E-KTP adalah identitas yang sudah link ke database nasional.

      Delete
  6. Waktu tenggang buat perpanjang berapa bulan..maksudnya berapa bulan seblm sim c abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekarang waktu tenggang sudah tidak ada karena ada peraturan baru. Sebelumnya masih ada tenggang. Sekarang langsung hangus. Telat sehari harus seperti buat SIM baru.

      Delete
    2. Sebenarnya perpanjangan SIM semuanya buat baru (khususnya biaya), hanya saja bedanya kalau sudah kadaluarsa/hangus masa berlaku maka tidak bisa di lakukan di SIM Keliling (biasanya disarankan ke SAMSAT dan mengikuti prosedur seperti pembuatan awal)

      Delete
  7. mau tanya mas,,sim C saya sim daerah (Pekalongan). tp saya sudah pindah domisili (ktp jakarta). apa benar sim c saya yang masih sim daerah Pekalongan bisa diperpanjang sesuai dengan alamat ktp sekarang, tanpa harus mutasi dulu di daerah asal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, asal KTP nya sudah yang electronik.

      Delete
  8. Pa,saya ktp dr bandung,tp skarang pindah domisili ke bekasi,klo mw perpanjang Bagaimana? Sudah tidak perlu cabut berkas kan? Trus perpanjang dimana? Samsat?polres?ato cukup mobil keliling? Mohon pencerahan dan alamatnya sekalian,trimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Samsat saja Bu lebih baik. Kalau di Bekasi Kota, Samsatnya di Dekat Rumah Sakit Umum Bekasi bu.

      Delete
  9. Pa,saya ktp dr bandung,tp skarang pindah domisili ke bekasi,klo mw perpanjang Bagaimana? Sudah tidak perlu cabut berkas kan? Trus perpanjang dimana? Samsat?polres?ato cukup mobil keliling? Mohon pencerahan dan alamatnya sekalian,trimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sih tidak prlu lagi langsung diperpanjang. Sesuai dengan alamat e-KTP.

      Delete
  10. Assalamualaikum..Pak saya mau tanya, ktp dan sim c saya alamat di bekasi.dan saat ini saya sedang mengurus pindah alamat ktp ke jakarta..bulan november ini masa berlaku sim saya berakhir.. klo mau perpanjang sim c harus cabut berkas dulu gak pak...soalnya ektp saya yg jakarta blm jadi..klo ektp bekasi saya ada pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai e-KTP bekasi saja Pak. Bisa di perpanjang di Jakarta kok. Urus sebelum kadaluarsa ya pak kalau tida nanti jadi hangus.

      Delete
  11. Assalamualaikum..Pak saya mau tanya, ktp dan sim c saya alamat di bekasi.dan saat ini saya sedang mengurus pindah alamat ktp ke jakarta..bulan november ini masa berlaku sim saya berakhir.. klo mau perpanjang sim c harus cabut berkas dulu gak pak...soalnya ektp saya yg jakarta blm jadi..klo ektp bekasi saya ada pak?

    ReplyDelete
  12. Oom...kalau SIM masih lama habis masa berlakunya misalnya masih 2 tahun, bila e-KTP alamatnya sudah pindah antar provinsi dan beda dengan alamat SIM, apa bisa diurus perpanjangan mutasi secara online?...atau harus tunggu saja waktunya 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis? Terima kasih Oom...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIM online tujuannya untuk memperrmudah yang sering pindah dan tidak perlu lagi cabut berkas. Mending ditunggu aja sampai waktunya hampir habis dan baru diperpanjang.

      Delete
  13. Pak...kalau alamat e-KTP sedang berubah dalam masa transisi dan beda dengan alamat SIM, faktanya alamat tercetak di e-KTP sudah pindah alamat tetapi alamat di database online (mungkin dari server Kemendagri) belum update/masih sama dengan alamat pada SIM...maka bila perpanjang SIM, nantinya alamat SIM pakai alamat yang di database online (tetap sama)...atau alamatnya akan berubah mengikuti alamat yang tercetak di e-KTP (berubah)? Thanks pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya...... SIM akan mengikuti alamat e-KTP. Kalau masih sama berarti data di server belum update pak.

      Delete
    2. Betul pak...Info staf Disdukcapil di kota saya,kalau dapat e-KTP baru pindahan, kalau baru beberapa bulan maka datanya di server (mungkin maksudnya server Kemendagri) belum update alamatnya...Pernah baca juga update data server tersebut tiap tahun 2x (tiap semester)...tidak saat cetak e-KTP baru pindahan sudah langsung update...maka ada masa transisi berbulan-bulan data alamat tercetak di e-KTP dan data online server beda...Pernah baca juga orang ditolak buat rekening bank ditolak karena data alamat tercetak dan alamat online beda setelah pindah alamat, dan diminta untuk disamakan dulu data alamatnya baru bisa buka rekening bank.

      Delete
  14. Numpang nanya om...saya punya sim c dulu pas bikin bukan pake e-ktp,kl skr ktp sy sudah e-ktp tapi nik & domisili berbeda dr dulu bikin sim gimana ya om..jd perpanjang ato bikin baru?..haturnuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om aku. Itu sama yang saya alami diatas. Jadi SIM C saya Jakarta dan belum E-Ktp dan sekarang sudah ada E-Ktp tapi alamat sudah di Bekasi. Jadi pas perpanjangan SIM C saya di Jakarta mengikuti alamat domisili Bekasi.

      Delete
  15. mas, mau nanya nih, kebetulan saya mau perpanjang sim c saya. sim c saya yg lama dulu beralamat di jakarta utara. kebetulan kontrak kerja saya dijakarta habis bulan maret tahun depan. permasalahannya e-ktp saya yg sekarang domisili di propinsi jambi. berhubung saya masih menetap di jakarta dan masa aktif sim c saya sampai bulan november, apakah saya bisa perpanjang sim c nya dijakarta? terima kasih. mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa mas, jadi nantinya SIM mas akan berubah menjadi SIM dengan alamat Jambi bukan lagi Jakarta. Asalkan KTP sudah E-KTP yaaaa.

      Delete
  16. Assalamu'alaikum pak, sepertinya masalah saya sama, awal bulan Desember ini masa berlaku SIM C saya habis, alamat yang tertera masih di Bogor, sedangkan alamat KTP sudah berganti di Jakarta, yang jadi permasalahan, KTP saya masih yang biasa,sudah hampir setahun ini saya mendaftarkan untuk dibuatkan E-KTP, namun sampai saat ini belum ada kabar bahwa E-KTP saya sudah jadi, sampai kemarin saya lihat postingan ini saya langsung ke Kelurahan menanyakan E-KTP saya dan kenyataannya belum jadi malah saya hanya diberikan resi,karena waktu setahun yang lalu saya daftar tidak diberikan resi pembuatan E-KTP tersebut, dan petugas Kelurahan hanya bilang " nanti saya kabarin lagi" mungkin melalui ketua RT saya, lalu ada yg memberitahu saya katanya bisa urus sesuatu(seperti SIM) dengan Fotocopy resi tadi dan fotocopy KTP(biasa) dikarenakan belum jadi E-KTP saya, Pertanyaan saya,Apa betul begitu pak? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Saya belum pernah mendengar mengenai hal ini. Sebaiknya terus difollow up E-KTPnya atau kalau tidak langsung pergi ke Samsat terdekat untuk mendapatkan informasi yang lebih pasti. Jujur dikarenakan saya sudah ada E-KTP, saya tidak tahu menahu mengenai proses perpanjang SIM dengan menggunakan resi saja. Kalau menurut saya kalau data E-KTP sudah diinput seharusnya sudah tersimpat di Server dan bisa digunakan. Sekarang tinggal dari pihak kepolisiannya saja. Mau atau tidak menggunakan resi dalam perpanjangan SIM.

      Delete
    2. Kasus saya juga sama dengan Ziraya Aponk,Sim C saya Padang ( karena dibuat saat saya kerja dan tugas dipadang ),sedangkan Sim A saya adalah di Cilacap namun alamat sim A saya dengan KTP Beda lokasi jalan dan kelurahan, tapi masih satu kecamatan dan satu Kab yaitu kab cilacap.
      Sedangkan KTP saya belum E-KTP krn saat saya tanyakan belum jadi tapi saat saya cek E-KTP online nama saya sudah ada sesuai dengan data E-KTP,untuk itu mohon pencerahannya apakah sim saya bisa diperpanjang walaupun dengan KTP yang ada saat ini thanks

      Delete
  17. Tadi saya tanya ke SIM keliling yg online kok katanya harus tetep mutasi ya?padahal SIM saya purworejo (jateng) dan ktp baru saya di semarang...ini kira2 petugasnya ga paham atau bagaimana ya?mohon pencerahannya..makasih

    ReplyDelete
  18. Tadi saya tanya ke SIM keliling yg online kok katanya harus tetep mutasi ya?padahal SIM saya purworejo (jateng) dan ktp baru saya di semarang...ini kira2 petugasnya ga paham atau bagaimana ya?mohon pencerahannya..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya online ini untuk memudahkan para pemilik SIM tidak perlu lagi harus mendatangi tempat asal untuk memperpanjang SIM. Jadi dengan modal E-KTP bisa langsung mutasi ke alamat yang baru. Tapi maksud mutasi disini apa dulu ya mas. Langsung Pindah alamat atau harus cabut berkas? Kalau mutasi yang dimaksud pindah alamat ya bener. Tapi kalau harus datang ke daerah penerbit SIM sih buka online dong....

      Delete
    2. Saya ndatengin sim keliling yang melayani online...saya mau pindah alamat lngsung eh malah disuruh cabut berkas,saya sempat ngeyel dan bilang namanya sim online itu ga perlu cabut berkas tapi kenapa malah suruh cabut berkas mas...kayaknya petugasnya itu ga paham kali ya?hehe

      Delete
  19. Pak, Sim saya di buat di manado dan ktp saya di buat di manado, sekarang saya di jakarta apa bisa saya perpanjang sim di jakarta. Kalu bisa di mana dekat sim keliling lokasi jakarta utara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kasus om ars seharusnya bisa dilakukan. mending datang ke Artha Gading saja, supaya dapat informasi yang jelas.

      Delete
  20. pak saya ktp kediri jatim, sim sidoarjo apakah bisa di perpanjang di samsat corner jakarta? soalnya sekarang bekerja di jakarta dan tidak bisa cuti. apa bisa datang di gerai samsat yang di jakarta bawa e-ktp dan sim yang akan di perpanjang masa berlakunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sim corner pgc sdh tutup dan tidak ada lagi gerai nya, coba urus gerai samsat ke tamini square tidak bisa harus cabut berkas ke sidoarjo trs mutasi ke kediri, lumayan kecewa karna sistem online blm bisa terlaksana dan wilayah sidoarjo jg kediri belum terintegrasi ke jakarta wlpn sdh bawa e ktp.

      Delete
    2. Saya juga tidak mengerti definisi online disini. Setahu saya kalau online itu dimana saja bisa dilakukan dan entah kenapa masih saja harus melalui proses yang lama. Yang pernah saya baca adalah online disini membantu para pemilik SIM yang bekerja diluar kota sehingga tidak perlu mudik untuk memperpanjang masa berlaku SIM. Tapi kenapa masih prosesnya belum berlaku secara nasional, mungkin hanya kepolisian yang berhak menjawab.
      Semoga ada jalan keluar buat masalah bapak.

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Pak saya mau tanya ..kalau ktp sy skr tangerang..ktp jakarta sdh pernah di e ktp tapi tangerang belum jadi.masalahnya sim saya sim DKI..bgmn cara saya perpanjang sim dan dimana ya Pak..mohon pengarahannya.

    ReplyDelete
  23. Pak saya mau tanya ..kalau ktp sy skr tangerang..ktp jakarta sdh pernah di e ktp tapi tangerang belum jadi.masalahnya sim saya sim DKI..bgmn cara saya perpanjang sim dan dimana ya Pak..mohon pengarahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini beberapa kali ditanyakan oleh pembaca di blog saya. Saya sendiri belum bisa menjawam soalnya saya sendiri miskin info mengenaik hal ini. Akan lebih baik bapak dapat meluangkan waktu untuk mengunjungi SIM Corner terdekat untuk meminta informasi detailnya.
      Minta maaf tidak bisa membantu banyak.

      Delete
  24. Om saya dr bandung. Ktp dan sim saya satu kabupaten tp beda kecamatan . Kalau mau perpanjangan gimana ya. Terus. E ktp saya belum jd. Apa bisa d perpanjang. Atau perlu minta surat pengantar e ktp. Skrng saya lg kerja d cikarang.

    ReplyDelete
  25. Om mau nnya.
    kira-kira bisa gak nih pake ktp Sumut di Sampit (kalimantan tengah)?

    Saya belum punya ktp Sampit.
    kira2 bisa gak yah?

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan didatangi Samsatnya Pak untuk informasi detail.... Kalaupun punya KTP Sampit dipastikan bapak harus buat baru atau cabut berkas. Nah kalau KTP online ini kan digunakan para pekerja yang tidak harus mudik kalau perpanjang SIM.

      Delete
  26. Kalau perpanjangan misal saya kab. Deli serdang mw perpanjangan sim di kota madya di gerai sim di mall bisa pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya mendapatkan info dari internet tentang lokasi yang sudah online. Seharusnya sekarang sudah online lebih banyak lagi daerah yang tercover. Untuk daerah bapak saya belum punya infrmasi pasti. Maaf tidak banyak membantu.

      Delete
  27. Pagi mas,mau tnya..kasus saya skr sama dng yg dibicarakan masalhnya dl pas didaerah saya sdh dpt e ktp tapi pas pindh jiwa ke jkt saya dpt ktp yg biasa tapi no ktp nya sama...apa bisa terbca ga ya data e ktp saya yg dulu?terima kasih.

    ReplyDelete
  28. Pak kalo domisili di bogor tapi pembuatan sim di depok, nanti kena masalah ga yah pas di tilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau SIM tidak masalah dengan domisili karena berlakunya nasional, bahkan ada yang internasional. Semoga bisa membantu.

      Delete
    2. Ktp saya msh biasa, tp saya udah rekam data e-ktp, yg notabene nik ktp lama dan nik e-ktp itu sama, berarti bisakah saya memperpanjang sim c saya

      Delete
    3. Kalau memperpanjang tentu bisa karena memang kesalahan bukan dari kita tapi kemungkinana tidak bisa jalur online akan tetapi jalur biasa.

      Delete
  29. pa mau tanya nih .. sayah bikin sim c tapi pas jadi saya lupa cek pas saya cek kerumah alamat rt nya beda di ktp saya apa kah ini bermasalah pa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kedepannya yang akan bermasalah pada saat perpanjangan SIM lagi. Polisi-nya yang akan nanya macem-macem. Mungkin lebih baik diurus sekarang.

      Delete
  30. Pak mau tanya..saya mau perpanjang sim A saya tapi alamat di KTP (bukan E-KTP) berbeda, Tapi alamat di sim C sata sama dengan sim A yg akan diperpanjang. Apakah bisa menggunakan sim C saya untuk data2 pengganti KTP?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas yang dibutuhin KTP. Biasanya berdalih begitu. KTP adalah identitas diri yang resmi. SIM juga bersumber dari KTP data-datanya.

      Delete
  31. Replies
    1. Maaf pak mau tanya sim c karanganyar jawatengah sedangkan e ktp ciamis jawabarat apa bisa pak saya perpanjang sim online dijogja.terimakasih

      Delete
    2. Seharusnya bisa tapi kadang Polisi bilang belum bisa. Padahal seharusnya online sudah bisa melayani.

      Delete
  32. brapa biaya utk perpanjangan sim dki dgn diperpanjang ktp bekasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren saya dikenakan 145rb dengan rincian 75 biaya perpanjangan SIM, 30rb biaya Asuransi dan 40rb biaya cek kesehatan. Walau yang dites cuma mata aja.

      Delete
  33. pagi pak, sim a saya dr tangerang, sdgkan skrg e-ktp saya sudah pindah jakarta. apa bisa saya mengurus di samsat mal artha gading atau harus mengurus di samsat tangerang.
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore Pak/ Ibu, Sudah lebih baik lagi sekarang tinggal datang saja ke Gerai SAMSAT dan otomatis nanti alamat SIM akan berubah mengikuti E-KTP. Saya saja yang KTP Bekasi bisa masa orang yang domisili di Jakarta tidak bisa.

      Delete
  34. malam pak. saya lihat kok tidak ada kir dokter ya? ini saya baru registrasi online (perpanjang sim c) kok di emailnya ada kir dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf om Gareng kelewat baca komennya.
      Disini ada perbedaan persepsi online om Gareng dengan saya. Dulu, saya berpikir kalau online disini adalah mengajukan aplikasinya melalui web. Ternyata saya salah mengartikan kata online tersebut. Online yang dimaksud adalah data yang ada di Kepolisian itu sudah terhubung antara daerah satu dengan yang lain, jadi perpanjangan masa berlaku SIM bisa beda lokasi tidak harus di lokasi penerbitan SIM.
      Nah, sekarang ternyata sudah ada perpanjangan masa berlaku SIM melalui sepertinya. Nah ini, merupakan hal baru bagi saya dan pada saat melakukan kegiatan yang sama belum ada.
      Jadi dengan berat hati saya mengatakan saya belum bisa membantu. Soalnya saya belum pernah melakukannya. Terima kasih atas pengertiannya.

      Delete
  35. Mas kalo mutasi/perpanjang sim di jakarta utara, dmna ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Mutasi SIM biasanya kita harus ke Daan Mogot. Sedangkan untuk perpanjangan masa berlaku SIM bisa dilakukan di gerai terdekat atau kendaraan SIM keliling.

      Delete
  36. Curhat:
    SIM saya.. masa berlaku nya sampai bulan 2 akhir & alamat yg tertera di SIM (DENPASAR) BALI.
    sedangkan E-KTP saya beralamatkan di JEMBER (jatim )
    Kira" bisa nggak ya bang..
    Perpanjang SIM nya di SATPAS COLOMBO (surabaya)
    Dan ntuk perpanjang.. bisasanya kurang berapa hari dari jatuh tempo?

    Mohon replay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya ke blog kami.
      Untuk masa berlaku SIM hendaknya dibuat sebelum masa berlaku SIM habis karena sekarang tidak ada lagi masa tenggang. Jadi 1 hari saja sesudah masa berlaku SIM lewat maka SIM dianggap hangus dan prosesnya harus dibuat seperti membuat barus SIM lagi.
      Untuk masalah perpanjangan masa berlaku SIM diluar area, mungkin bisa ditanyakan langsung ke SAMSAT Besar terdekat. Soalnya banyak pembaca blog ini yang menginformasikan kalau perpanjangan masala berlaku SIM online sudah tidak bisa lagi dan harus cabut berkas. Padahal saat saya memperpanjang masa berlaku SIM masih bisa.
      Maaf tidak bisa membantu banyak.

      Delete
  37. pak.sy mau tanya.tgl 6/01/17.sim c sy br jd.eh pas nyampe rumah br tau.kl alamat kelurahanya beda.hrsny meruya utara.tp di sim di tulis meruya selatan.ap kl tdk di ganti akan bermasalah kedepany?

    ReplyDelete
  38. pak.sy mau tanya.tgl 6/01/17.sim c sy br jd.eh pas nyampe rumah br tau.kl alamat kelurahanya beda.hrsny meruya utara.tp di sim di tulis meruya selatan.ap kl tdk di ganti akan bermasalah kedepany?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya SIM diperiksa dulu sebelum meninggalkan loket. Tapi merujuk cerita saya diatas, seharusnya nanti tidak masalah. Soalnya lokasi masih berdekatan. Dan masih dalam satu daerah jadi SAMSATnya masih sama. Yang susah sim perpanjang stnk.

      Delete
  39. Maaf pak mw naya klo mw perpanjang sim tapi sim saya masih kebumen trus skarang domisili jalarta bisa perpanjang di sim keliling apa harus ke samsat ya trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Aji mengenai hal ini, silahkan bapak datang dahulu ke Gerai SAMSAT di mall terdekat unyuk menanyakan informasi lebih detailnya. Soalnya pembaca blog ini memberikan masukan kalau sudah ada perubahan lagi di peraturan kepolisiannya. Minta maaf tidak banyak membantu.

      Delete
  40. Om mo nanya, kebetulan sy mau perpanjang sim. Tapi ktp saya lg diperpanjang dan sy hanya pny surat ket ktp saja. Ktp asli blm jadi krn ktp saya ganti domisili dan sedang dlm proses perpanjangan. Apa bisa perpanjang sim dg surat ket ktp, bukan dg ktp asli? Sedangkan sy perpanjang sim di kota lain? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sebelumnya. Saya tidak bisa banyak membantu dalam hal ini, karena masalah yang mbak alami sedikit berbeda. Sebenarnya surat keterangan itu sudah menandakan domisili tapi kadang petugas kan berbeda-beda. Ada yang baik, ada juga yang taat pada peraturan. kalau yang taat tidak mau tahu KTP ya KTP tidak bisa yang lain.

      Delete
    2. maaf pak kalau alamat sim bekasi sekarang e-ktp pacitan jatim bisa di perpanjang di jakarta atau tidak ya pak .. trmksh.

      Delete
    3. Kalau merujuk dari web SIM online di http://sim.korlantas.polri.go.id/show_location/show_list_location# seharusnya bisa. berikut kutipan yang saya ambil di web tersebut.

      Perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir.

      Perpanjangan yang dilakukan setelah lewat waktu, sebagimana dimaksud harus diajukan SIM baru sesuai dengan golongan yang dimiliki dengan memenuhi persyaratan-persyaratan di atas.

      Perpanjangan SIM dapat dilaksanakan di Satpas atau tempat pelayanan SIM lain di seluruh Indonesia.

      Pengajuan perpanjangan SIM beserta dokumen persyaratan diajukan ke :

      "Petugas kelompok kerja identifikasi dan verifikasi bagi perpanjangan SIM yang dilakukan di Satpas; dan
      Petugas pada tempat pelayanan SIM lain."

      Delete
  41. maaf mau tanya pak,kalok yg beda itu namanya 1 huruf gimana ya?punya saya udah e-ktp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dianggap beda orang pak/bu. Kalau tidak salah Polisinya minta surat apa gitu ya. Saya lupa... Tapi tidak ada salahnya kita mencoba saja. Mungkin saja Polisinya sedang baik hati dan tidak sombong.

      Delete
  42. Assalamualaikum Mas Sony.

    Sebelumnya terima kasih atas informasinya yang ada di blog ini yang amat membantu.

    Saya mau tanya, anda kan e-KTP Bekasi, dan buat SIM di DKI jakarta dengan alamat sesuai e-KTP bekasi. Pertanyaan saya, nanti kalau mas mau perpanjang SIM di mana ya? Di Jakarta lagi atau di Bekasi?

    Kasus saya mirip soalnya sama mas Sony. Saya kan e-KTP di Riau, saya baru bikin SIM di DKI jakarta (urus di Polres Jaksel) dengan alamat di Riau sesuai dengan e-KTP. Nah, nanti saya kalau mau perpanjang SIM di mana ya mas? Jakarta atau Riau?

    Terima kasih atas balasannya.
    Salam, KEVIN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsaam warahmatullahi wabarakatuh Mas Kevin,

      Sebenarnya kalau pengalaman saya perpanjangan bisa di Jakarta dan Alamat mengikuti KTP. Maaf kalau responnya telat. Dengan catatan peraturan masih sama ya mas alias belum ada perubahan aturan dari kepolisian.

      Semoga bisa membantu

      Delete
  43. Bang, saya domisili bekasi, kebetulan bekerja di tangerang, sim c saya sudah lewat masa berlaku, bisa tidak kita bikin sim c baru nya di polres tangerang? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalau sudah online dimana domisili bisa kok mas. Secara KTP sudah tercatat secara nasional. Kadang peraturan dari kepolisiannya yang diterapkan berbeda oleh anggotanya sendiri. Ada baiknya didatangi lansung SAMSAT terdekat mas.

      Delete
  44. Wah mantep ni makin gampang aja, sayang saya belum ada e ktp karena belum jadi juga padahal udah 4 bulan lebih fotonya, akhirnya mau perpanjang harus bikin surat keterangan pengganti ktp dulu dari kecamatan & pas balik ke polres, ternyata loketnya udah tutup :)

    ReplyDelete
  45. Pak mau nanya, alamat di sim sma ktp beda, apa bisa di perpanjang? Dlu alamat di boyolali skrang sdah di karangnyar lha trus perpanjang e di boyolali apa karanganyar ya, kalo nama beda 1 huruf gmna pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beda nama perlu surat deh seingat saya.... dari keluharan. Tapi pastiin dulu aja mas Tony ke SAMSAT. Soalnya beda alamat dan beda nama juga. Maaf tidak banyak membantu.

      Delete
  46. Slesai sudah..
    Akhir nya sim saya sesuai dengan alamat yg di E-KTP

    Sebelum nya
    Beda alamat :
    KTP : JEMBER
    SIM : DENPASAR

    Perpanjang di SATPAS KOLOMBO (SURABAYA )
    Beres deh..☺☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om Faisal belum ada perubahan ya mengemai perpanjangan SIM beda alamat dengan KTP ya?

      Delete
    2. Kayak nya blm ada OM..
      Prosesnya..
      Wuuusssssss. . (Cepet)
      Hhehe

      Delete
    3. Selamat om Faisal. Semoga di tempat lain juga msih sama. Terima kasih atas infonya.

      Delete
    4. Alhamdulillah saya jg bisa perpanjang mas. Permasalahan saya sama persis dg mas faisal.
      KTP : Madiun
      SIM : Denpasar
      Perpanjang di sim keliling Jogja hari ini td.
      Makasih untuk artikelnya pak sony, sangat membantu :)

      Delete
  47. Mas mau Tanya sim c saya bogor sesuai alamat E KTP tapi mau perpanjang di SIM Kelling kota Bekasi Bisa Gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dicoba hubungi SAMSAT terdekat om Maun. Soalnya takut ada perubahan sistem. Tapi kalau merujuk informasi di atas seharusnya bisa.

      Delete
  48. Pak mau tanya ktp sya dan sim saya alamat jogja, sim saya hilang di bogor , krn saya kerja d bogor apakah bisa bikin sim on kine dengan alamat yg d jogja terimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk SIM hilang sepertinya beda proses mbak Nisa. Tapi dididangin saja Samsat di Bogor supaya mbak bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

      Delete
  49. Pak mau tanya ktp sya dan sim saya alamat jogja, sim saya hilang di bogor , krn saya kerja d bogor apakah bisa bikin sim on kine dengan alamat yg d jogja terimkasih

    ReplyDelete
  50. Pak mau tanya sim saya daerah tegal tp sya baru pindah dki dn blm dpt e-ktp jd masih berupa resi sja. Apa bisa perpanjang di dki menggunakan resi? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dari Pak Polisinya mbak yeni, karena menurut saya resi adalah pengganti KTP yang belum jadi. Kadang Pak Polisinya belum menerima resi karena belum ada wujud KTP nya.

      Delete
  51. Pak mau tanya sim saya daerah tegal tp sya baru pindah dki dn blm dpt e-ktp jd masih berupa resi sja. Apa bisa perpanjang di dki menggunakan resi? Terima kasih

    ReplyDelete
  52. Numpang tanya om...SIM C sy Jakarta barat tapi E-KTP & Kk sy sudah pindah ke Depok...Untuk perpanjang SIM C sy harus ke Samsat Daan Mogot atau Samsat Depok ?
    Apakah harus cabut berkas jg ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  53. Numpang tanya om...SIM C sy Jakarta barat tapi E-KTP & Kk sy sudah pindah ke Depok...Untuk perpanjang SIM C sy harus ke Samsat Daan Mogot atau Samsat Depok ?
    Apakah harus cabut berkas jg ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba saja om Hendra, dengan lokasi terdekat. Mudah-mudahan belum ada perubahan peraturan.

      Delete
  54. Mungkin untuk Kasus SIM Bekasi - KTP Jakarta bisa dikarenakan masih satu wilayah (Plat Nomer sama 'B') , untuk kasus seperti contoh Plat nomer 'R'(Banyumas) yang akan mutasi ke B (Jakarta) tetap harus cabut berkas SIM di daerah Banyumas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu diatas malah ada KTP (Jember) dan SIM (Denpasar) malah bisa diperpanjang di Surabaya... Tidak tahu kalau kebijakan masing-masing daerah berbeda.

      Delete
  55. Maaf mas nanya nih...daerah bekasi kan udah bisa pembuatan/perpanjang sim online tuh,,,tp sim dan e-ktp sy berasal dr daerah pmlg,,klo perpnjang di daerah bekasi bisa gak yah sdgkan e-ktp nya daerah pmlg bukn bekasi??
    Mohon infonya...trimaksih...

    ReplyDelete
  56. Maaf mas nanya nih...daerah bekasi kan udah bisa pembuatan/perpanjang sim online tuh,,,tp sim dan e-ktp sy berasal dr daerah pmlg,,klo perpnjang di daerah bekasi bisa gak yah sdgkan e-ktp nya daerah pmlg bukn bekasi??
    Mohon infonya...trimaksih...

    ReplyDelete
  57. Selamat siang pak. Saya baru saja bikin SIM A karena seneng nya aku lupa nggak periksa alamat yg tertera. Setelah saya periksa di bagian alamat nya ada yg beda. Seharusnya Jakarta pusat tapai di tulis nya Jakarta Barat. Bagai mana caranya untuk perbaikan dan apa kena biaya? Baru dua hari.

    ReplyDelete
  58. Selamat siang pak. Saya baru saja bikin SIM A karena seneng nya aku lupa nggak periksa alamat yg tertera. Setelah saya periksa di bagian alamat nya ada yg beda. Seharusnya Jakarta pusat tapai di tulis nya Jakarta Barat. Bagai mana caranya untuk perbaikan dan apa kena biaya? Baru dua hari.

    ReplyDelete
  59. Terima kasih, infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  60. Terima kasih untuk sharing pengalamannya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  61. Om numpang tanya dong. Kan saya udah buat sim online nih. Nah alamtnya pada sim beda rt, beda rw sama beda dusun, tapi kalo kotanya sama. Itu gimana ya.? Itu pengaruh ga ya saat perpanjang

    ReplyDelete
  62. Om numpang tanya dong. Kan saya udah buat sim online nih. Nah alamtnya pada sim beda rt, beda rw sama beda dusun, tapi kalo kotanya sama. Itu gimana ya.? Itu pengaruh ga ya saat perpanjang

    ReplyDelete
  63. Om numpang tanya dong. Kan saya udah buat sim online nih. Nah alamtnya pada sim beda rt, beda rw sama beda dusun, tapi kalo kotanya sama. Itu gimana ya.? Itu pengaruh ga ya saat perpanjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau ini, saya pernah denger kalau Pak Polisinya minta surat dari kelurahan gitu deh. Jadi memang ada proses tambahan soalnya alamat beda.

      Delete
  64. Nemu info yg cocok, KTP pindah kecamatan soalnya

    ReplyDelete
  65. assalamu alkum .
    om numpang nanya kalo e-ktp magelang dan SIM c wilayah magelang bisa nggak perpanjang online di bekasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada ke Bekasi mending ke Gerai SIM aja yang ada di Mall seperti di Artha Gading. Toh juga beda daerah juga.

      Delete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. Om nampang tanya,, saya kan orang bogor tapi saya bikin sim c di tangerang trus alamat di simnya alamat bogor sesuai dengam ektp saya apa tidak masalah om? Makasih

    ReplyDelete
  68. Om nampang tanya,, saya kan orang bogor tapi saya bikin sim c di tangerang trus alamat di simnya alamat bogor sesuai dengam ektp saya apa tidak masalah om? Makasih

    ReplyDelete
  69. Om nampang tanya,, saya kan orang bogor tapi saya bikin sim c di tangerang trus alamat di simnya alamat bogor sesuai dengam ektp saya apa tidak masalah om? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kalau saya telat respond. Sebenarnya ini tidak ada masalah silahkan dicoba saja mendatangi lokas GERAI SIM terdekat ibu Riska.

      Delete
  70. Selamat pagi, saya ingin perpanjang sim, sim yg saya miliki skrg sim bandung e-ktp bandung, ingin perpanjang di daerah dki, pertanyaan'y nnti pas sim uda jadi diperpanjang sttus sim saya menjadi SIM METRO JAYA, atau mengikuti sttua di KTP misalnya SIM A METRO JAYA, atau SIM A JABAR, dan satu lagi kan ada tu stempel dan tanda tgn pakpol misalnya kapolresta bandung kah, atau mengikuti t4 perpanjang sim, misalnya di dirlantas polda metro jaya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan itu semua memakai logo Metro Jaya karena hanya itu blangko yang mereka punya. Toh itu tidak terlalu masalah selama itu adalah SIM yang dikeluarkan dimana saja selama di Indonesia.

      Delete
  71. Assalamu'alaikum pak mau nanya saya berniat bikin sim di jakarta tapi ktp saya domisili jawa dan masih ktp(biasa) karna e-ktp saya rusak dan belum sempat bikin lagi.apakah bisa tetap bikin walau beda wilayah.minta pencerahanya pak mksh.

    ReplyDelete
  72. Assalamualaikum pak saya tertarik sekali
    Saya udah baca dari atas
    Yg saya mau tanya pak bisa ga sim saya 2 tahun lagi habis tapi saya pengen aja diperpanjang sekaligus ganti alamat karna sim.c saya depok tapi ktp saya kab bogor
    Mohon izin di respon pak makasih sudah menolong semoga bapak dapat pahala yg melimpah

    ReplyDelete
  73. Mas saya mau tanya nih , saya baru bikin sim , terus saya salah 1 huruf aja sama tanda tangan di ktp beda sama sim , nah itu kalo kena sim di permasalahan engga , alamat nya misalnya jalan Pajajaran , nah ini jalan pajajarun gitu , tolong di jawab hehe

    ReplyDelete
  74. Pagi,Untuk Sim C yg udha kadaluarsa 1 than masih bisa di perpanjang ktp says udh pake E-KTP, klu boleh Tau di daerah jaksel Ada gak ya tempat perpanjang nya?

    ReplyDelete
  75. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  76. Pak Sony, saya mau tanya ini mengenai perpanjangan SIM C saya yang ada di Bandung sampai saat ini masih berlaku sampai tanggal 13 sama seperti KTP saya yang lama (KTP Bandung, belum E-KTP). Tapi saya sebenarnya sudah buat E-KTP di Malinau (KalTara) dengan nama dan identitas yang benar karena nama identitas saya di KTP Bandung kurang benar, nah ini yang mau saya tanyakan apakah SIM C saya di Bandung bisa diperpanjang mengikuti data E-KTP saya yang ada di Malinau ? Mohon pencerahannya, terima kasih banyak. Rencananya saya mau perpanjang di satpas Colombo Surabaya karena lagi dinas di Surabaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa saja. Kalau nama di SIM dan KTP sama (juga fotonya).

      Delete
  77. Untuk daerah Bogor bagaimana?? Apakah sama seperti yg lain?? Dan cara memperpanjang SIM secara online bagaimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sih yang online itu namanya bisa memperpanjang dimana saja, asal KTP nya sudah elektronik. Bukan melalui internet langsung. Tidak tahu kalau sekarang ada perubahan. Silahkan ditanyakan langsung mas. Maaf tidak banyak membantu.

      Delete
  78. Mas masuk ke mallnya lewat mana ya? soalnya kan pintu masuk mall buka jam 10

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk jalur karyawan Pak. Pas ada kok saya juga gitu, tanya aja ama sekuriti disana atau ikuti aja karyawanannya.

      Delete
  79. Pak Sony saya mau bertanya, waktu itu saya beli motor memakai surat keterangan alat domisili dan dealernya berhasil melakukan hal itu. Nah yang jadi masalah ektp dan sim saya alamatnya sama , tetapi alamat berbeda dengan stnk saya. Apakah saya bisa bayar pajak tahunan? Dan ketika dilakukan pemeriksaan oleh polisi apakah saya kena tilang walaupun saya membawa surat surat lengkap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Razia selama SIM dan STNK ada aman Pak. Kalau yang agak susah itu kalau alamat dan Nama beda.

      Delete
  80. Maaf pak numpang nanya.. sim c saya dulu bikin di kota depok..posisi expired kurang 5 hari lagi.. mau perpanjang bisa gak ya pak kalo ktp nya sragen jawa tengah sim nya kota kota depok? Mohon penjelasannya pak terima kasih

    ReplyDelete
  81. Harusnya bisa kalau KTPnya sudah online. Silahkan datangi gerai SIM terdekat aja mas.

    ReplyDelete
  82. Mas kl KTP sy Bekasi sekarang KTP sy ditangerang selatan mau memperpanjang SIM C daerah Tangerang bs gk mas tp SIM C sy saat ini daerah Bekasi mau sy bikin daerah Tanggerang bs gk mas tp KTP sy yg dibekasi masa berlakunya SDH habis mas gmn caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang sekali mas, sekarang peraturan sudah berubah telat 1 hari saja SIM harus bikin ulang lagi seperti bikin SIM baru.

      Delete
  83. Pak saya mau tanya nih pak kalo di bagian alamat di sim saya ada yg salah gimana yah pak? Yg salah cuma 1 angka sih pak , rt saya harusnya 14 jadi 13 kira2 bermasalah gak yah pak? Mohon dijawab yah pak Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya Poli minta surat pengantar dari kelurahan yang menyatakan kalau memang itu ibu, karena salah ketik atau salah penulisan...

      Delete
  84. assalamualaikum bapak sony
    saya sangat tertarik dengan respon2 dan tanggapan bapak.

    saya to the point saja pak

    kadaluarsa sim saya masih lama yaitu di 2020 yang beralamatkan di kabupaten garut sesuai dengan ktp manual lama saya dan sekarang saya sudah pindah kekabupaten bandung dikarenakan dinas dan sekarang sudah mempunyai ktp baru yaitu eKTP.
    pertanyaan saya....
    1. apakah sim saya harus segera dirubah sekarang meskipun kadaluarsa masih lama?
    2. jika proses administrasi mutasi online apakah pihak kepolisian tidak akan meminta copy ktp lama? sementara KTP lama (garut) sudah berganti dengan eKTP (bandung)..!
    3. saya ucapkan terima kasih semoga bapak berkenan untuk memberikan informasi.

    BR....Dani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Pak Dani,

      1. Tidak perlu membuat SIM baru, karena sayang kadaluarsanya masih lama.
      2. Nanti tidak akan diminta KTP lama tapi akan langsung mengikuti alamat baru asal muka dan nama sama.
      3. Terima kasih kembali atas kunjungannya ke blog keluarga kami

      Delete
  85. permisi pak sony mau tanya.
    apabila kurang lengkap NAMA di SIM dengan yang di E-KTP kurang 1 kata gmn ya pak? semisal Yang harusnya WIKAWARDHANA tapi malah WIKAWARDHAN
    apa bisa di perbaiki sewaktu di perpanjangan nanti.
    mohon pencerahannya pak. terimakasih

    ReplyDelete
  86. Assalamu alaikum Pak Soni, Pa Saya mau tanya sim saya sim Bandung sekarang e-Ktp saya sudah jakarta, apakah bisa diperpanjang di gerai samsat jakarta atau harus cabut berkas terlebih dahulu ke bandung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Seharusnya bisa langsung pak dan nanti akan ikut alamat Jakarta. Semoga bisa membantu.

      Delete
  87. Saya mau tanya dong ,saya bikin SIM A dan C di Polda metro , tetapi pas SIM sudah jdi ternyata di SIM c sidik jari tidak ada tetapi SIM A ada , apa yg harus saya lakukan ? Saya takut dikira palsu SIM day

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru engar kalau ada SIM Palsu.. Mungkin SIM adalah blangko yang jarang dipalsukan soalnya nilai ekonomisnya kecil hihihi. Kalau dibilang palsu ya suruh aja Polisinya periksa sendiri, lah dia sendiri yang bikin ka gan...

      Delete
  88. Bilanglah sama polisinya yg menerbitkan sim agan tersebut, katakan bahwa sim agan gk ada sidik jarinya, atau agan minta diulang lagi supaya tertera tu sidik jarinya, klo mengenai sim asli atau palsu bisa dilihat bagian yg ada chipnya pojok kiri atas, ada chipnya tu

    ReplyDelete
  89. Misi mau nanya. Kalo gerai untuk memperpanjang sim selain di MAG dimana lagi ya mas? Makasih heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gerai SIM dan STNK di Mall dan di gedung perkantoran.
      1. Jakarta Barat : Mall Taman Palm, Jl. Kamal Raya Outer Ring Road, Cengkareng, No. Telepon 021-5435181
      2. Jakarta Timur : Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jl. Mayjen. Soetoyo No. 76 (Lt.7) Kramat Jati, Cililitan No. Telepon 021-30019792
      3. Jakarta Utara : Mall Artha Gading (Lt.1), Jl. Boulevard Artha Gading, No. Telepon 021-45864131
      4.Jakarta Selatan : Mall Blok M Square dan Mall Gandaria Citty

      Delete
  90. Halo pak Sony, mau nanya. Kalau ada kesalahan ketik pada alamat, yang saya alami seharusnya "Green" tapi yang tercetak malah "Garden", itu apakah akan menjadi kendala kedepannya? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Pak Fian, kemungkinan itu ada karena pernah saya dengan kalau pak Polisi minta surat dari kelurahat karena masalah beda dengan KTP. Tapi kalau asih lama ya santai aja Pak toh, nyetaknya 5 tahun sekali.

      Delete
  91. Permisi saya mau tanya, Saya berdomisili di Surabaya, KTP Surabaya, sempat pindah ke Jabar sementara dan mengurus SIM online disana, Jawa Barat. Sekarang saya sudah kembali lagi tinggal di Surabaya, tetapi SIM online saya hilang. bagaimana ya cara urus kembali sim online jabar saya yg hilang dari surabaya? Apakah harus membuat lagi yg baru? Karena kalau online setau saya hanya melayani pembuatan sim baru dan perpanjangan, sedang penggantian sim yang hilang saya kurang tau. Mohon bantuan penjelasannya. Terimakasih☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau masalah mbak mungkin didatangi saja kantor pembuatan SIM bukan yang gerai ya.... Saya sendiri belum pernah mengalami hal seperti ini. Maaf tidak banyak membantu.

      Delete
  92. Assalamualaikum..Pak Sony,,mau tanya pak,klw perpanjangan sim C alamat Malang apa bisa di perpanjang di sidoarjo soalnya Saya kerja di Sidoarjo,,mohon bantuan nfonya Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Pak Setiawan. Kalau yang namanya online seharusnya bisa pak. Coba didatangi dahulu pak kantor pembuatan SIM untk informasi lebih lanjut.

      Delete
  93. Mau tanya pak sy dulu pernah membuat sim dgn ktp lama skrng sdh e-ktp cuma ada tambahan nama belakang dan alamat beda cuma msh dki apa bisa di mutasi pak mohon di beri pencerahannya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mutasi sih seharunya mengikuti alamat KTP. nah kalau nama itu biasanya pakai surat keterangan gitu, setahu saya. Sebaiknya Bapak datangi kantor pembuatan SIM untuk lebih jelasnya.

      Delete
  94. Pak alamat di sim A dan C saya berbeda. Dan juga tgl lahir saya yg berbeda di ktp apakah saya bisa perpanjang sim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa bisa beda ya.... seharusnya kan selalu sama. Kalau alamat SIM A dan C akan mengikuti KTP sewaktu perpanjangan masa berlaku SIM nah kalau beda tanggal lahir apakah mengikuti KTP saya masih kurang paham.

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images